Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Riau Berkomitmen Budayakan Germas

PEKANBARU - Peran Pemerintah Provinsi Riau dalam mensukseskan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah dilakukan melalui berbagai program yang dilakukan perangkat daerah.

Demikian disampaikan Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy dalam acara implementasi Germas dengan lintas sektor di Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (13/12/2022).

Dijelaskan Masrul, Pemprov Riau telah memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) No.48 tahun 2017 tentang Germas. Pergub ini bertujuan agar mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Provinsi Riau untuk menggencarkan budaya Germas. 

"Dengan adanya Peraturan ini bisa diimplementasikan, dijabarkan di masing-masing OPD," harap Masrul. 

Lebih lanjut, dijelaskan Masrul, Pergub tersebut juga untuk memunculkan Germas di Riau melalui peningkatan aktivitas, peningkatan prilaku hidup sehat, dan penyediaan pangan sehat. 

"Selain itu, untuk percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup, serta peningkatan edukasi hidup sehat," ucapnya pula. 

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN), presentase indikator penerapan Budaya Germas Tahun 2021 di 12 kabupaten/kota di Riau telah tercapai 83 persen. 

"Keberhasilan ini hendaknya diselaraskan dengan pergerakan-pergerakan yang diadakan diberbagai tatanan. Misalnya, OPD yang ada di Provinsi Riau untuk menerapkan indikator Germas. Saat ini masih ditemukan kurangnya OPD dalam melaksanakan budaya Germas di lingkungan kantornya," ungkap Masrul. 

Ditegaskan Masrul, bahwa perlu adanya penguatan dan pengambil kebijakan agar lintas sektor yang tergabung d idalam Germas mampu menerapkan indikator Germas. 

Untuk itu, kata Masrul, Dinas Kesehatan Provinsi Riau perlu memandang adanya pertemuan penguatan dengan lintas sektor terkait. Hal ini untuk mendorong OPD dalam pembudayaan Germas secara berjenjang di provinsi, kabupaten/kota hingga di level kecamatan.

"Tujuan pertemuan Germas lintas sektor agar mampu meningkatkan komitmen dan meningkatkan kerja sama semua pemangku kepentingan, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Riau," harapnya.

(CR1) 

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )