Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Dikunjungi Gubernur Riau, Ratusan Warga Antusias Ramaikan Panen Raya Padi di Siak
panen raya padi di Kampung Kemuningan Muda, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau.

SIAK - Ratusan warga Kabupaten Siak, Riau sangat antusias meramaikan panen raya padi di Kampung Kemuningan Muda, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau. 

Pengunjung yang datang tidak hanya dari Kampung Kemuningan Muda saja. Namun, juga ada yang datang dari sejumlah kecamatan lainnya untuk melihat panen raya padi di Siak. 

Untuk diketahui, pada Tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melaksanakan ekstensifikasi padi 700 hektar dan intensifikasi padi 200 hektar di Kabupaten Siak. 

Kemudian, juga ada bantuan Pemprov Riau tahun 2022 sudah dialokasikan yaitu Combine Harvester Besar 6 unit, Combine Harvester sedang 1 unit, traktor roda 4 ada 4 unit, traktor roda 2 ada 11 unit dan penangkaran benih padi sebanyak 130 hektar.

Salah seorang masyarakat Kampung Kemuningan Muda, Wati (47 tahun) mengatakan, kegiatan panen raya padi dan pemberian bantuan oleh Pemprov Riau ini sangat membantu warga terutama para petani untuk meningkatkan daya pangan di Provinsi Riau.

“Saya sangat senang dan bangga dengan Pemprov Riau yang telah membantu para petani kita khususnya di Kabupaten Siak dalam hal alat juga benih padi ini," ujar Wati di lokasi panen raya padi, Rabu (14/12/2022).

"Kami harap ke depannya tidak berhenti disini saja dan akan terus berlanjut. Semoga kecamatan lainnya juga dapat menyusul peningkatan daya pangan kita," kata warga Kampung Kemuningan Muda tersebut. 

Sementara itu, seorang petani di Kemuning Muda Suptito (46 tahun) mengatakan, bahwa terkait panen raya ini pihaknya merasa puas karena pada tahun ini sudah mencapai 5-8 ton lebih pertahunnya.

"Tentunya kita cukup senang dengan peneningkatan panen raya ini. Akan tetapi, kita tidak boleh cepat berpuas hati dan terus memberikan yang terbaik," ungkap Suptito.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada Pemprov Riau terkhusus Gubernur Riau untuk terus memperhatikan pertanian Provinsi Riau lebih khusus terkait pupuk dan cadangan pupuk juga bibit pangan.

"Harapan kami untuk Gubernur Riau terkait pertanian ini bisa lebih mengutamakan persoalan pupuk, alat - alat dinsekfentan di bunga raya khususnya," harapnya. 

"Semoga para petani ini kedepannya semakin semangat dalam meningkatkan daya pangan padi kita dan semakin banyak masyarakat terbantu dengan harga pangan terjangkau," tandas Suptito. 

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan panen padi dan percobaan combine harvester oleh Gubri Syamsuar, Ketua TP PKK Provinsi Riau dan jajaran Forkompimda. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bupati Siak Lepas 300 Jemaah Haji

Selasa, 14 Mei 2024 | 20:43:25 WIB

Sosialisai P4GN Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba

Selasa, 02 April 2024 | 11:39:23 WIB

KONI Riau Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Kepada Bupati Siak

Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:23:07 WIB