Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Gerakan Sholat Subuh Berjamaah ke-95, Ini Hal Penting yang disampaikan Wagubri Edy
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen (TNI) purn Edy Natar Nasution

KAMPAR - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen (TNI) purn Edy Natar Nasution melanjutkan dakwahnya pada kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) ke Masjid Al Hidayah. Ia mengajak umat muslim untuk meramaikan masjid guna melaksanakan kewajiban sholat berjamaah. 

Secara konsisten, GSSB sudah dilakukan sebanyak 95 kali, artinya sudah 95 kali Pemprov Riau bersama tim GSSB Riau keluar masuk masjid untuk mengajak masyarakat yang ada di Riau kejalan kebaikan. 

Kegiatan GSSB ke-95 dilaksanakan di Masjid Al Hidayah, Dusun Pulau Empat, Desai Balai, Kecamatan Kuok, Sabtu (7/1/2023). Turut hadir Asisten 1 Setdaprov Riau, Masrul Kasmy bersama Kepala Biro Kesra, Zulkifli Syukur, dan Ketua GSSB Riau, Zulhusni Domo.

Wagubri Edy menerangkan, pada ahun 2020 lalu, pemerintah mengimbau kepada umat beragama untuk melaksanakan ibadah di rumah saja. Hal itu dilakukan untuk menerapkan pencepatan penanganan COVID-19.

"Sekarang saat kondisi sudah mulai membaik dan tampak normal, ini menjadi pertanggungjawaban kami kembali untuk mengajak para jama'ah kembali meramaikan masjid," ucap Edy Natar.

"Karna nanti akan di pertanggungjawabkan di pengadilan Allah, jangan kita hanya bisa membatasi para jama'ah untuk ke masjid, namun tidak bisa mengajak mereka kembali untuk meramaikan masjid," lanjutnya.

Kemudian, ia jelaskan, dalam surah Al-An'am Ayat 160, barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi).

"Jika seseorang berniat ingin berbuat kebaikan saja, itu sudah dicatat amalnya, semoga dengan ibadah yang kita lakukan ini merupakan kebaikan di sisi Allah, dan kita dumiliakan oleh Allah," ucapnya. 

Lebih lanjut, Wagubri Menyampaikan, surah Yasin ayat 65, Allah SWT menjelaskan, bahwa tak ada yang bisa ditutupi saat hari kiamat tiba. Artinya pada hari ini Kami tutup mulut mereka dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

"Yang bersaksi bukanlah mulut, tapi anggota badan kita ini, kaki kita akan bersaksi kemana dia digunakan untuk melangkah, dan pada subuh ini, bahwasannya kita sedang mempersiapkan saksi di hadapan Allah kelak," ucap Edy. 

"Kemudian, tangan ini akan bersaksi, bahwa ia sering diangakat saat takbir dalam beribadah, ini yang harus kita persiapkan," imbuhnya. 

Keistimewaan subuh berjamaah, ujar Wagubri, adalah disaksikan oleh para malaikat. Dijelaskan di QS Al-Isra' Ayat 78, laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan laksanakan pula salat Subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan oleh malaikat.

"Subuh ini disaksikan malaikat, dan coba kita bayangkan malaikat yang akan bersaksi untuk kita dipengadilan Allah. Maka banyak yang akan kita dapatkan jika kita melaksanakan subuh berkamaah di masjid," jelasnya.

Sementara, Asisten 1 Setdaprov Riau, Masrul Kasmy mengimbau untuk selalu melaksanakan perintah Allah mengerjakan solat lima waktu di masjid, itu adalah bukti dan tanda kesetiaan seorang hamba kepada tuhannyan

"GSSB merupakan suatu gerakan dakwah, yang kita ingin tidak hanya momen GSSB kita meramaikan masjid. Namun, dapat dengan konsisten untuk selalu melangkahkan kaki meramaikan masjid," harap Masrul.

CR1

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pj Bupati Kampar Harap 2024 Kampar Zero Stunting

Senin, 04 Maret 2024 | 15:48:14 WIB

Danrem 031/WB Pimpin Sertijab Danyonif 132/BS

Selasa, 27 Februari 2024 | 14:15:12 WIB