Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024

BOGOR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepala daerah dan Forkopimda se Indonesia yang dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, berlangsung di Sentul Internasional Convention Center, Selasa (17/1/23). 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut mengangkat tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi diikuti oleh 4.545 peserta perwakilan kementerian/lembaga, kepala daerah, Forkopimda se Indonesia. 

Rakornas tersebut juga menghadirkan pembicaraan berkaitan dengan beberapa topik pembahasan yaitu pertama tentang pertumbuhan ekonomi, kedua berkaitan dengan penguatan investasi dan kemudahan berusaha. 

Selanjutnya yang ketiga tentang penanganan COVID-19, stunting kemiskinan dan jaring pengaman sosial, serta yang keempat adalah stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan. 

Mendagri Tito Karnavian berharap, semua peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Serta para pembicara dapat memberikan masukan dan arahan agar dapat diaplikasikan oleh masing-masing daerah. 

"Melalui momentum yang baik ini diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah-langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah, " tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras semua pihak dalam menangani pandemi COVID-19. 

Menurutnya, pandemi berhasil dikelola dan dikendalikan dengan baik dan stabilitas ekonomi juga bisa dipertahankan, sehingga ekonomi Indonesia berada pada posisi yang sangat baik. 

"Ini berkat kerja keras kita semuanya, kita ingat saat pandemi, kita pontang-panting mencari yang namanya APD, pontang-panting mencari yang namanya masker, pontang-panting mencari yang namanya vaksin terakhir pontang-panting saat mencari oksigen sangat mencekam saat itu. Tapi berkat kerja keras kita semuanya kita mampu mengendalikan COVID-19, " ujarnya.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini kondisi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau cukup baik. Bahkan sebutnya, Presiden pada kunjungan kerja ke Provinsi Riau juga menyampaikan jika pertumbuhan ekonomi Riau itu bagus. 

Gubri menerangkan, berkaitan dengan pengendalian inflasi, Pemprov Riau juga telah melakukan langkah-langkah strategis. Ia menerangkan ada banyak upaya yang telah dilakukan Pemprov Riau dalam mengendalikan inflasi di Riau. Seperti melakukan gerakan konsumsi beras lokal kepada ASN dan masyarakat, gerakan pasar tani, bergerak tanam padi, bertanam sayur dan buah, serta masih banyak lainnya.

"Ekonomi Riau cukup bagus. Untuk penanganan turunkan inflasi Pemprov Riau juga membentuk posko ketahanan pangan, " tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Presiden Tegaskan Penanganan TPPU Harus Komprehensif

Rabu, 17 April 2024 | 21:55:17 WIB

Indonesia Serukan Deeskalasi Konflik di Timur Tengah

Rabu, 17 April 2024 | 21:52:29 WIB

BMKG Dorong Langkah Kolaboratif Atasi Perubahan Iklim

Selasa, 02 April 2024 | 17:51:12 WIB

Yuk Baca Mudikpedia agar Mudik Ceria dan Penuh Makna

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:14:10 WIB

Menkeu: APBN Terjaga Surplus dengan Kinerja Baik

Senin, 25 Maret 2024 | 18:44:23 WIB