Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur

PEKANBARU - Berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sejumlah wilayah di Riau yang sebelumnya sempat dilanda banjir kini mulai surut. 

Termasuk banjir rob atau pasang keling di Kabupaten Indragiri Hilir yang sempat viral dimedia sosial karena menggenangi rumah dinas Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Tembilahan. 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur, Jumat (27/1/2023) mengatakan,  banjir rob yang melanda Inhil kali ini memang lebih tingg8 dari sebelum-sebelumnya. 

Selain air pasang yang naik, kondisi banjir rob di Inhil juga diperparah dengan curah hujan yang tinggi melanda wilayah tersebut. 

Namun karena banjir rob ini disebabkan karena air pasang, air yang menggenangi rumah warga termasuk rumah dinas Bupati Inhil tidak berlangsung lama.

"Tidak lama, begitu air pasang surut, genangan air juga ikut surut," katanya. 

Selain di Inhil banjir rob juga sempat melanda sejumlah wilayah di Riau. Seperi di Kabupaten Meranti dan Kota Dumai. Namun informasi yang diterima BPBD Riau saat ini semua daerah yang sempat dilanda banjir sudah surut. 

"Tidak ada banjir lagi, kemarin memang sempat ada banjir rob di Dumai, Meranti, di Pelalawan juga ada banjir. Tapi sudah surut semuanya," ujarnya.

Dijelaskan Jim, saat ini Riau memasuki musim peralihan dari musim hujan ke kemarau. Sehingga curah hujan yang terjadi di Riau tidak menyebar rata. Sebab ada beberapa daerah di Riau yang intensitas hujan nya mulai berkurang. 

"Karena berdasarkan prediksi BMKG, bulan Februari kita sudah masuk musim kemarau," kata Jim. (Mediacenterriau/sa)

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )