Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Resmikan Gedung Baru SMKN 1 Pasir Penyu, Gubri Ingin IPM di Riau Merata
Gubernur Riau Syamsuar saat meresmikan gedung baru SMKN 1 Pasir Penyu, Ahad (29/1/23).

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar ingin ada perubahan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten kota. Melalui pendidikan merata di Riau, IPM tidak lagi didominasi Pekanbaru, Dumai dan Siak yang terus bertahan setiap tahunnya. 

Menurut Gubri, untuk mewujudkannya memang bukan hal mudah. Butuh komitmen yang kuat untuk meletakan pendidikan sebagai dasar perubahan kualitas IPM. 

"Kita tahu, sektor pendidikan dan kesehatan di Riau sudah bagus, tapi dari sisi pemerataan saya belum puas. Sejak saya jadi bupati Siak sampai sekarang tak berubah-rubah," kata Gubri, saat meresmikan gedung baru SMKN 1 Pasir Penyu, Ahad (29/1/23).

Orang nomor satu di Riau ini bahkan berharap perubahan persaingan IPM juga terjadi tiga daerah seperti Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil) serta Kuantan Singingi. Hal ini juga tak tertutup kemungkinan untuk daerah lainnya. 

"Kenapa ini harus jadi perhatian, karena apa yang mereka makan kita makan itu juga. Setidaknya kalau tak bisa sama, mendekati jadilah. Jangan sampai ada perbedaan jenjang cukup jauh. Ini tantangan kita," ungkap Syamsuar. 

Beberapa waktu lalu, menurut Syamsuar dirinya sudah mengumpulkan sekolah negeri dan swasta. Mantan Bupati Siak ini sangat ingin sekolah negeri dapat belajar kiat-kiat bagiamana sekolah swasta yang selama ini banyak melahirkan pelajar berprestasi baik di tingkat nasional dan internasional. 

"Maksudnya saya biar sekolah negeri ini belajar apa kiat-kiat sekolah swasta menigkatkan kualitasnya," ujar Syamsuar.

Terkait peresmian gedung baru SMKN 1 Pasir Penyu, Syamsuar ingin setelah peresmian gedung baru tersebut anak-anak yang belajar disekolah tersebut bisa lebih berkualitas dan lebih maju. Hal ini juga berkaitan upaya masyarakat meningkatkan IPM yang berkualutas dan merata. 

"Soal sarana prasarana sudah menjadi tugas pemerintah Provinsi Riau, semoga setelah di resmikan gedung baru ini anak-anak kita disini siap berinovasi, bersaing dengan anak-anak disekolah lain," harap Syamsuar. 

Hadir juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau Yulisman. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Riau M Job Kurniawan, Kepala Biro Adpim Setdaprov Riau Aryadi.(mtr)

(Mediacenter Riau/mtr)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Personel Kodim 0302 Inhu Meninggal saat Pleno KPU Inhu

Kamis, 29 Februari 2024 | 18:40:26 WIB

Stok BBM dan Gas di Inhu Aman Jelang Pemilu

Kamis, 01 Februari 2024 | 10:13:17 WIB

Polres Inhu Tangkap Zulkifli Pelaku Pembunuhan Mahasiswi

Selasa, 21 November 2023 | 22:30:38 WIB

Kapolres Inhu Ingatkan Anak Buahnya Jaga Netralitas

Senin, 20 November 2023 | 12:28:39 WIB