Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
Kunjungan ke APRIL Group, Kadin Ajak Swasta Contoh Pembangunan Solar Panel
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid (kiri) bersama Managing Director RGE Group Anderson Tanoto saat meninjau pembangunan solar panel APRIL.

PELALAWAN - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengapresiasi upaya  APRIL Group dalam mendukung net zero emission di Indonesia lewat pembangunan solar panel di kawasan operasionalnya di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Hal tersebut diutarakan Arsjad saat berkunjung langsung ke kompleks operasional perusahaan penghasil serat, pulp, dan kertas tersebut di Pangkalan Kerinci, Selasa (31/01/2023). Kunjungan tersebut dilakukan Kadin untuk meninjau komitmen swasta dalam mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam transformasi energi terbarukan.

Hingga 2030, APRIL melalui unit operasionalnya, PT Riau Andalan Pulp and Paper akan membangun solar panel berkapasitas 50 MW dan akan menjadi instalasi terbesar yang dilakukan oleh swasta di Indonesia. Saat ini, APRIL telah membangun 11 MW solar panel yang pemanfaatannya telah digunakan sebagai sumber energi operasional pabrik. APRIL menargetkan dapat mengaliri kebutuhan energi pabrik sebesar 90% dari sumber energi terbarukan, dari realisasi saat ini yang baru mencapai 87%.

“Pembangunan solar panel yang dilakukan APRIL merupakan bentuk nyata keterlibatan sektor swasta dalam perjalanan menuju net zero emission. KADIN menyambut baik inisiatif dalam mitigasi iklim ini dan berharap lebih banyak perusahaan yang ikut serta melakukan langkah serupa,” ujar Arsyad usai meninjau pembangunan solar panel APRIL.

Menurut Arsjad, swasta memiliki peran yang krusial dalam mewujudkan komitmen NZE pada 2060. Semakin banyak pelaku usaha terlibat dalam gerakan NZE, maka target dari NZE 2060 tersebut dapat tercapai tahap demi tahap.

Adapun, sejak 2021, Kadin menginisiasi Kadin Net Zero Hub (NZH) yang dicanangkan pasca-COP 26 untuk membantu perusahaan nasional dalam melakukan transisi menuju perusahaan bebas emisi karbon atau net zero company.

“Lewat Kadin Net Zero Hub, kami menyediakan technical assistance untuk perusahaan yang berkomitmen  terhadap net zero dan melakukan dekarbonisasi sesuai standar science-based targets initiative (SBTi),” ujar Arsjad.

APRIL telah bergabung dalam keanggotaan Net Zero Hub sejak tahun lalu. Komitmen produsen kertas “PaperOne” tersebut terhadap keberlanjutan telah dilakukan sejak lama dan diperkuat dengan visi APRIL2030 yang diluncurkan pada 2020 lalu. APRIL2030 berisi serangkaian komitmen keberlanjutan satu dekade perusahaan untuk memberikan kontribusi positif terhadap iklim, alam dan masyarakat. Salah satunya adalah komitmen mengurangi emisi karbon dan optimalisasi penggunaan sumber energi bersih untuk kebutuhan operasional hingga 90% pada 2030.

Anderson Tanoto, Managing Director RGE Group, induk usaha APRIL mengatakan pembangunan solar panel APRIL merupakan contoh nyata bahwa komitmen keberlanjutan terhadap lingkungan dapat dilakukan berbarengan dengan jalannya bisnis.

Bagi bisnis, pembangkit listrik tenaga surya sangat menguntungkan karena biaya modal yang semakin terjangkau dibandingkan dengan energi fosil yang saat ini mengalami kenaikan yang signifikan. Bagi lingkungan, solar panel menjadi sumber energy bersih yang ideal karena minim emisi.

“Solar panel menjadi contoh bahwa bisnis dan lingkungan berada di equation yang sama. Solar panel berdampak baik untuk lingkungan dan juga baik untuk bisnis dan ini merupakan contoh bahwa kita bisa melakukannya di Indonesia,” ujar Anderson yang menemani kunjungan Arsjad.

APRIL Group sendiri dikenal sebagai perusahaan yang aktif melakukan upaya mitigasi iklim, utamanya dalam mendukung pemerintah untuk mencapai net sink pada 2030 dari industri kehutanan atau FOLU (Forest and Other Land Uses) Net Sink.

Di hulu, komitmen tersebut dilakukan dengan melakukan konservasi kawasan, perlindungan keanekaragaman hayati, dan menerapkan kebijakan zero tolerance pada deforestasi. Di hilir, APRIL Group beralih pada penggunaan bahan bakar yang terbarukan serta berinvestasi pada produk paper packaging sebagai jawaban atas tingginya permintaan produk kemasan terbarukan dan ramah lingkungan.

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB

Tim SAR Gabungan Cari ABK Terjun ke Perairan Pulau Rusah

Selasa, 12 Desember 2023 | 20:35:31 WIB