Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Pedagang di Riau Bentuk Komunitas Mobil Pajero Sport
Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution Kopdar Akbar bersama Pajero Sport Family (PSF) Chapter Riau.

ROHUL - Komunitas mobil pada umumnya merupakan sekumpulan orang yang memiliki hobi yang sama dalam dunia otomotif. Untuk Provinsi Riau sendiri banyak sekali di temukan berbagai kelompok-kelompok seperti ini.

Satu di antaranya adalah Pajero Sport Family (PSF) Chapter Riau. Komunitas mobil tersebut bukan hanya sekedar organisasi yang bertujuan bertukar pikiran untuk modifikasi kendaraannya saja tetapi perkumpulan ini mempunyai berbagai tujuan, dari sebagai wadah menambah relasi hingga bergerak untuk kegiatan memberi bantuan sosial.

Oleh karena itulah pada saat kegiatan Kopdar Akbar PSF Riau 2023, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution memberikan apresiasi kepada pengurus dan anggota Pajero Sport Family.

“Saya tadi siang waktu bercengkrama dengan om-om ini banyak mendapatkan informasi tentang PSF ini. Untuk itu saya atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terima kasih karena banyak terserap tenaga kerja dari organisasi ini,” ucap Wagubri di Hotel Sapadia, Kabupaten Rohul, Sabtu (18/02/2023) Malam.

Dijelaskan dia, bahwa komunitas yang mayoritas berprofesi sebagai pedagang tersebut telah banyak membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja untuk anak-anak di Provinsi Riau.

Diungkapkan, PSF sebenarnya sudah ada organisasinya di Indonesia sejak tahun 2010. Saat ini jumlah seluruh anggota kurang lebih ada 3.000 dan setengah dari isi keanggotaan merupakan berasal dari Bumi Lancang Kuning.

“Separuh dari PSF di Indonesia ini ada di Provinsi Riau. Ini sangat luar biasa, tadi dikatakan kepada saya sebagian besar semua sebagai pedagang dengan berbagai latar belakang dan memiliki pekerja yang cukup banyak. Dengan adanya organisasi ini, sudah berapa banyak anak-anak Riau yang diserap dari usaha para anggota PSF,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Pemkab Rohul, Suharman juga menilai bahwa kegiatan PSF Riau ini sangat positif dalam menjaga dan memperkokoh silaturahmi, menjaga kekompakan kekeluargaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan antarsesama.

“Kita ketahui bersama bahwa keluarga besar PSF Chapter Riau ini dikenal dengan solidaritas dan kepeduliannya yang tinggi untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya

Menurut Suharman, hal ini dapat di lihat dari beberapa kegiatan sebelumnya dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan khususnya memberi masyarakat yang berdampak ekonomi oleh pandemi COVID-19 beberapa waktu yang lalu.

“Mudah-mudahan ciri khas PSF Riau tersebut dapat dicontoh oleh komunitas-komunitas lain yang ada di Provinsi Riau terkhusus Rokan Hulu yang kita cintai,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PSF Rohul, Abdul Haris menerangkan, bahwa sebagian besar anggota dari PSF Chapter Riau banyak yang berprofesi sebagai pedagang. Oleh karena itu, kadang sering kali PSF itu diplesetkan menjadi Pedagang Serabutan Family.

“PSF ini banyaknya bergerak di bidang ekonomi, kawan-kawan di sini sering bilang PSF itu Pedagang Serabutan Family karena kita pedagang semua isinya. Pedagangnya itu macam-macam lah mulai yang jual bakso sampai yang ngurusin kapal di Dumai,” jelasnya.

Komunitas ini, kata Haris, bukan hanya sekedar komunitas saja. Tetapi banyak melakukan kegiatan saling berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Sehingga dari kita hanya karena satu hobi yaitu otomotif, kita arahkan dan kembangkan lagi untuk kegiatan-kegiatan sosial. Kegiatan yang rutin kita lakukan yaitu membantu masyarakat,” terangnya.

Haris menuturkan, kegiatan sosial dilakukan PSF Riau seperti membantu masyarakat yang saat terkena bencana, baik bencana itu terjadi di daerah  Provinsi Riau maupun di tempat-tempat lain. 

“Termasuk juga wilayah tetangga yang ada di Padang dan terakhir kita juga berupaya membantu saudara-saudara kita di Cianjur yang terkena musibah gempa. Tentu saja di lakukan membantu masyarakat ini supaya keberadaan komunitas PSF  bisa ada manfaatnya bagi masyarakat,” pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Jalan Lintas di Rohul yang Longsor Sudah Bisa Dilalui

Jumat, 23 Februari 2024 | 09:47:58 WIB

Dini Hari Tadi Rohul Diguncang Gempa

Kamis, 04 Januari 2024 | 10:35:03 WIB

Mengulas Pesona 5 Destinasi Wisata di Rohul Riau

Senin, 04 Desember 2023 | 18:57:32 WIB