Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Diapresiasi Gubernur Riau, Sri Mulyani Berdecak Bangga
Gubernur Riau Syamsuar di acara peluncuran buku karya guru dan siswa SMA Negeri 1 Sungai Apit, pada Minggu (19/2/2023).

SIAK - Siswi penulis Novel dari SMAN 1 Sungai Apit, Sri Mulyani mengaku bangga, lantaran karya novel pertama yang ia tulis diluncurkan dan mendapat apresiasi Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar. 

Karya Novel perdana hasil buah pikir Sri Mulyani ini berjudul Euphoria setebal 17 bab. Proses penggarapannya hanya menghabiskan waktu 40 hari. 

Novel ini merupakan cerita anak sekolah atau remaja dengan berbagai permasalahan keluarga, pertemanan, dan percintaan. Di novel ini juga banyak menyelipkan cerita peran single parent atau Orangtua tunggal yang belajar ilmu parenting dalam perkembangan anaknya menuju masa remaja.

Kisah seorang ibu yang berjuang sendiri, menjadi bacaan yang melecut rasa haru. Mulai dari perjuangan membesarkan, menafkahi keluarga, menjunjung tinggi derajat hidupnya dalam masalah keluarga, serta keputusan yang ia ambil sebagai Orangtua tunggal. 

"Saya senang dan bangga, momen ini adalah hal yang paling ditunggu, ditambah apresiasi dari Gubernur Riau. "Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran dari Bapak Syamsuar," ucap Sri saat dikonfirmasi tim Media Center Riau, pada Senin (19/2/2023). 

Siswi kelas tiga SMA itu mengatakan, kegiatan menulis ini dimulainya saat mengikuti kelas daring atau online di saat masa pandemi. "Melalui program online tersebut ada sebuah program yang bernama Sarapan Karta (Sarkat) yaitu program menulis," katanya.

Sri mengungkapkan, ia juga mendapat bimbingan seorang guru Bahasa Indonesia yang selalu mendukung dan menggali bakatnya tersebut, sehingga ia bisa mencapai tujuan nya untuk menulis novel.

"Guru dan sekolah banyak membantu Sri selama menyelesaikan novel ini, terlebih masalah dan pembiayaan, itulah yang menjadi suatu dasar karya ini bisa tercipta," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain bantuan dana dari guru dan sekolah, bimbingan dari seorang guru menjadi hal yang menurutnya suatu yang menjaga konsistensinya dalam hal menulis.

"Peran guru begitu penting dalam membimbing dan mengingatkan saya untuk tetap menulis setiap harinya, dalam hal ini saya ditargetkan menulis 500 kata dalam sehari," terangnya.

"Peran guru dan kepala sekolah adalah alasan penting karya tulisan ini bisa tercipta," imbuhnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sungai Apit, Masdar sampaikan menyambut baik kedatangan Gubernur Syamsuar pada peluncuran  buku guru dan siswa, pada Minggu (19/2) kemarin. 

"Kami menyambut baik kedatangan Bapak Gubernur Riau. Karna dapat menjadi motivasi bagi penulis-penulis muda yang ada di SMAN 1 Sungai Apit, Semoga nantinya akan terus lahir penulis baru di SMAN 1 Sungai Apit," ucap Masdar.

Masdar merasa bangga dan menyambut baik, lantaran Gubri Syamsuar telah banyak membantu kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Riau. 

"Mutu pendidikan di Riau pada umumnya telah meningkat semenjak Pak Syamsuat menjadi gubernur Riau pada 2019 kemarin," tutupnya.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Sosialisai P4GN Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba

Selasa, 02 April 2024 | 11:39:23 WIB

KONI Riau Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Kepada Bupati Siak

Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:23:07 WIB