Rabu, 9 Syawwal 1445 H | 17 April 2024
Asisten I Masrul Kasmy Jadi Narsum Dialog Khusus Peran Stakeholder Dalam Penanggulangan Karhutla 2023 
Asisten 1 Setdaprov Riau, Masrul Kasmy (tengah)

PEKANBARU -  Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masrul Kasmy menjadi narasumber pada dialog khusus peran stakeholder dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2023 untuk menciptakan situasi Kamtibnas yang kondusif menjelang Pemilu 2024 di Provinsi Riau, di LPP TVRI Pekanbaru, Kamis (09/03/2023). 

Masrul Kasmy mengatakan bahwa perkembangan karhutla ini harus diantisipasi sedemikian rupa karena sudah berdampak pada sektor ekonomi dan sosial. 

Ia menjelaskan, terdapat 6 arahan Presiden RI Joko Widodo tentang pengendalian Karhutla ini yaitu: 

  1. Prioritas upaya pencegahan melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot dan patroli lapangan.
  2. Monitoring dan pengawasan harus sampai bawah. Libatkan babinsa, bhabinkamtibmas, kepala desa dalam penanganan karhutla. Ajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat.
  3. Cari solusi yang permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan tidak membakar.
  4. Penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan.
  5. Jangan biarkan api membesar, harus tanggap dan jangan terlambat sehingga api sulit dikendalikan.
  6. Langkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi, berikan sanksi yang tegas sehingga ada efek jera. 

 

Lanjutnya, arahan dari Presiden RI tersebut sudah di Follow Up oleh Gubernur Riau dengan 8 arahan, yaitu menetapkan status siaga darurat bencana, membentuk posko siaga kebarakan hutan dan lahan, juga adanya deteksi dini pencegahan. 

"Kemudian melakukan patroli dan menyiagakan seluruh sumber daya yang kita miliki, seperti beberapa prasarana, mesin pompa pemadam, selang, kendaraan operasional, sekat kanal," kata Masrul Kasmy. 

Arahan selanjutnya, meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara stakeholder yang ada di Provinsi Riau. 

"Hal ini sudah dilakukan setiap bulan pada rapat forum koordinasi pimpinan daerah beserta dengan kepala daerah. Nanti juga akan ada pelaksanaan apel kesiapan untuk mengantisipasi dan melakukan upaya pembasahan atau rewetting lahan gambut," lanjutnya. 

"Jadi, dari 6 perintah Presiden RI Joko Widodo ini, ditindaklanjuti oleh Gubernur Riau Syamsuar dengan membentuk 8 arahan," sebut Masrul Kasmy. 

Selain itu, pihaknya juga menyatakan bahwa Pemprov Riau telah menetapkan 2 keputusan yaitu Keputusan Gubernur Riau Nomor 191/II/2023 tentang status siaga karhutla dan komando satgas pengendalian karhutla. 

"Komando ini diketuai oleh Gubernur dan wakilnya ada Kapolda, Danrem sehingga karhutla ini sudah terkoordinasi dengan baik untuk menata di 12 kabupaten, 134 kecamatan dan 1159 desa yang ada di Provinsi Riau," ungkapnya. 

Menurutnya, dengan pola-pola penanganan koordinasi yang telah dilakukan oleh Pemprov Riau melalui surat yang telah dikeluarkan, bisa dilakukan koordinasi dengan kabupaten/kota sebagaimana kewenangan Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat di daerah. 

"Guna melakukan koordinasi, pengawasan dan pembinaan bagi kabupaten/kota termasuk dalam lainnya adalah wilayah kecamatan dan desa sehingga semua bisa kegiatan ini bisa terkoordinir secara baik," imbuh Masrul Kasmy. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Intelijen dan Keamanan (Dir Intelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Riau Kombes Pol Sutrisno, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol. R. Kasero Manggolo, Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal, Sekretaris DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Riau, Djono Albar Burhan, dan tamu undangan lainnya. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )