Sabtu, 14 Muharram 1446 H | 20 Juli 2024
Lima Daerah di Riau Capai UHC, Ini Kata Gubernur Syamsuar
Gubermur Riau Syamsuar.

PEKANBARU- Lima kabupaten atau kota di Provinsi Riau sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC). Adapun lima daerah tersebut yakni, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kuansing, dan Kota Dumai. 

Tidak hanya lima daerah di Riau saja yang telah mencapai UHC, sebanyak 22 provinsi dan 334 kabupaten atau kota di Indonesia juga telah berhasil mencapai UHC. 

Atas dedikasi kepala daerah tersebut dalam meluaskan cakupan kepesertaan dalam program JKN di daerahnya masing-masing, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron memberikan penghargaan dalam acara UHC Awards 2023 yang diselenggarakan di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023). 

Diinformasikan, terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 5.841.857 jiwa penduduk Provinsi Riau telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 6.646.390 jiwa atau sebesar 87.90 persen. 

Ini artinya, hampir seluruh warga masyarakat, khusunya di lima kabupate  atau kota yang meraih UHC tersebut telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. 

Atas capaian itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di beberapa pemerintah daerah kabupaten atau kota di Provinsi Riau. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS kesehatan dan OPD terkait yang telah bekerja keras agar masyarakat Provinsi Riau bisa terjamin ke dalam program JKN. 

Sebagaimana diketahui, tercapainya UHC di lima kabupaten atau kota tersebut tidak lepas dari dukungan penganggaran oleh Gubernur dan DPRD Provinsi Riau dengan menjamin masyarakat Riau melalui budget sharing sebesar 55 persen pembiayaan APBD Provinsi Riau dan 45 persen pembiayaan APBD pemerintah kabupaten atau kota, untuk kuota 750 ribu jiwa peserta segmen PBPU Pemda. 

Adapun alokasi anggaran APBD Provinsi Riau tabun 2023 untuk iuran JKN segmen PBPU Pemda saja sebesar Rp173 miliar. 

"Dengan telah tercapainya UHC di lima kabupaten atau kota tersebut maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Kedepan, kami pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten atau kota akan terus memastikan seluruh penduduk Provinsi Riau tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS," pungkas Gubernur Syamsuar. 

Gubri berharap tujuh kabupaten atau kota lainnya juga menyusul dalam waktu dekat menjadi UHC, sehingga tahun 2023 seluruh daerah di Bumi Lancang Kuning bisa mencapai UHC. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Kelapa Sawit Swadaya Naik Lagi, Ini Daftar Harganya

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:15:31 WIB