Kamis, 9 Ramadhan 1444 H | 30 Maret 2023
SMKN 1 Rupat Jadi Percontohan Penanaman Kelapa Pandan Wangi dan Talas Ungu
Gubernur Riau Syamsuar melakukan penanaman kelapa pandan wangi di SMKN 1 Rupat

RUPAT - SMK Negeri 1 Rupat menjadi salah satu sekolah percontohan untuk penanaman kelapa pandan wangi dan talas ungu. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa penanaman perdana kelapa pandan wangi dan talas ungu yang dilaksanakan di SMKN 1 Rupat ini merupakan aspirasi masyarakat.

Gubri Syamsuar menjelaskan, kegiatan penanaman perdana yang dilakukan tersebut guna merubah mindset masyarakat agar tidak hanya menanam sawit saja.

"Apalagi Pulau Rupat ini sebagian besar tanahnya gambut, jadi tidak pas kalau hanya sawit karena tanaman ini kuat menyerap air sehingga menyebabkan kebakaran," kata Syamsuar saat diwawancarai usai kunjungan kerja di Pulau Rupat, Selasa (14/3/2023).

"Penanaman perdana ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan beberapa waktu yang lalu," jelasnya. 

Mantan Bupati Siak dua periode ini menjelaskan terkait penanaman talas ungu telah ada yang berhasil, yakni di Rokan Hilir, tepatnya di Kecamatan Sinaboi.

"Talas ungu paling berhasil di Sinaboi, Rokan Hilir dan ini telah di ekspor ke luar negeri. Maka dari itu penanaman yang kita lakukan di sekolah ini bisa berhasil sehingga bisa mensejahterakan guru dan anak-anak yang ada di sekolah," terangnya.

"Kegiatan ini kita harapkan juga bisa mendidik anak-anak agar pintar berwirausaha sehingga bisa mandiri serta menjadi contoh para petani yang ada di sini," pungkasnya.

Sebagai informasi, talas ungu yang ditanam sebagai percontohan seluas setengah hektar, dan diharapkan ke depannya bisa dikembang biakkan supaya lebih luas lagi. Sedangkan untuk penanaman kelapa pandan wangi seluas satu hektar.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Rupat, Syahril merasa terharu dan bangga serta menjadi kepuasan batin karena di dalam kesibukan Gubernur Syamsuar bisa berkunjung ke sekolahnya. 

Perjuangan Syamsuar selaku orang nomor satu di Riau juga diapresiasi karena telah memiliki perhatian lebih terhadap pendidikan di Provinsi Riau khususnya Pulau Rupat. 

"Untuk tahun 2023 ini akan dibangun 18 unit sekolah baru di Riau dan Alhamdulillah salah satunya ada di Pulau Rupat. Mudah-mudahan tahun 2023 ini bisa terwujud pembangunan SMKN 2 Rupat," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan sekolah tersebut masyarakat telah menyiapkan lahan seluas dua hektare, dan siswanya juga sudah ada berjumlah 153 orang.

"Alhamdulillah ini tahun pertama dan sudah melaksanakan UKK, dan sekarang sedang melakukan ujian semester mudah-mudahan niat baik ini akan terwujud," pungkasnya. 

Saat kunjungan kerja di SMKN 1 Rupat Gubernur Syamsuar didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Job Kurniawan, Kadiskominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau Syahfalefi, Wakil Bupati Bengkalis, Kapolres Bengkalis dan tamu undangan lainnya.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

youtube

Info Riau Sepekan

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Syamsuar Harap Adanya Pemerataan di Setiap Sekolah

Selasa, 14 Februari 2023 | 08:50:00 WIB

Hadiri Pesta Bona Taon di Duri, Ini Kata Gubernur Syamsuar

Senin, 13 Februari 2023 | 19:00:15 WIB

Gubernur Syamsuar Resmikan SMAN 11 Mandau, Ini Pesannya

Senin, 13 Februari 2023 | 17:36:30 WIB

Tiga Gajah Liar di Riau Dipasang GPS Collar, Ini Tujuannya

Senin, 06 Februari 2023 | 18:00:37 WIB