Senin, 11 Zulhijjah 1445 H | 17 Juni 2024
Gubernur Syamsuar Panen Raya Padi Nusantara 1 Juta Hektar di Rimba Melintang
Gubri Syamsuar (kedua kanan) melakukan panen raya padi nusantara satu juta hektar, Rabu (15/3/2023)

ROKAN HILIR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar panen raya padi nusantara satu juta hektar di klaster Rimba Melintang Riau Bertani yang berada di Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rabu (15/3/2023).

Kehadiran Gubernur Syamsuar beserta rombongan pada acara panen raya padi bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tri Mukti Jaya ini disambut dengan seni pencak silat oleh siswa SMKN 1 Rimba Melintang. 

Berdasarkan pantauan tim Media Center Riau, sebelum melakukan panen raya Gubernur Syamsuar melakukan peninjauan bazar pasar murah.

Dalam sambutannya Gubernur mengingatkan kepada masyarakat maupun kelompok tani agar tidak menjual hasil panennya keluar daerah agar kebutuhan beras di Rokan Hilir bisa terpenuhi. 

"Penuhi dulu untuk kebutuhan masyarakat Rokan Hilir sebab kalau kita jual keluar dan kita beli lagi mahal harganya," kata Syamsuar. 

"Kalau berlebih baru kita jual ke daerah tetangga seperti Dumai, karena daerah tersebut tidak memiliki sawah yang luas", tambahnya. 

Mantan Bupati Siak dua periode ini menjelaskan bahwa kebutuhan pangan terutama beras belum mencukupi untuk kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. 

"Dari produksi kita masih belum mencukupi, maka dari itu hasil panen ini kita distribusi ke daerah yang ada di Riau yang belum panen atau kekurangan beras," ujarnya. 

Selain meningkatkan produksi beras, Gubernur Syamsuar juga mengajak masyarakat untuk menanam cabe, mengingat dalam waktu dekat memasuki bulan suci ramadan maka produksi cabe perlu ditingkatkan. 

"Saya berharap di samping meningkatkan produksi beras juga ditingkatkan hasil sayur-sayuran, cabe, bawang dan lain sebagainya. Mari dicoba di daerah kita ini," pungkasnya.

Berdasarkan informasi, kegiatan panen raya padi nusantara ini dalam satu hektarnya menghasilkan 8 ton.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau, Muhammad Nur mengatakan bahwa panen padi nusantara satu juta hektar ini menurutnya sesuatu yang sangat menggembirakan karena nantinya akan berdampak pada ketersediaan beras di masyarakat sehingga inflasi dapat terkendali dengan baik. 

"Mungkin kita banyak mendatangkan beras dari beberapa daerah lain, tetapi dengan adanya upaya panen raya padi ini membuat kita optimis pada saatnya nanti ketergantungan kita bisa berkurang," pungkasnya. 

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong juga mengapresiasi panen raya padi nusantara satu hektar karena hasil panen petani yang bagus serta petaninya yang profesional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani dan kelompok tani yang ada di Rimba Melintang ini. Kami yakin kebutuhan beras di Kabupaten Rokan Hilir bisa terpenuhi," pungkasnya. 

Pada saat panen raya padi nusantara satu juta hektar, Gubernur Syamsuar juga menyerahkan bantuan untuk para petani diantaranya pupuk NPK, pupuk organik, dolomit, pupuk hayati, herbisida, benih durian dan traktor sebanyak 3 unit.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Cek Kesiapan TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 18:42:10 WIB