Ahad, 10 Zulhijjah 1445 H | 16 Juni 2024
Pentingnya Tindakan Preventif Kekerasan Seksual
Sosialisasi Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan UNRI, Sabtu (18/3) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

PEKANBARU -Tiga hal yang menjadi tantangan bagi Pendidikan Tinggi di Indonesia, adalah intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual. Dampak dari ketiganya, selain menghambat terwujudnya lingkungan belajar yang baik, juga memberikan trauma bagi korbannya. Terlebih lagi kasus kekerasan seksual. 

Hal ini disampaikan Rektor Universitas  Riau, Prof Dr Sri Indarti SE MSi, saat membuka acara Sosialisasi Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan UNRI, Sabtu (18/3) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dikatakannya, jika tidak dicegah dan ditangani, maka akan memberikan citra negatif bagi dunia pendidikan. Dijelaskannya, pencegahan agar tindakan kekerasan dan pelecehan seksual dapat diminimalisir di dunia pendidikan, diantaranya adalah dengan menyamakan persepsi mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang terdapat dalam Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021. 

“Pada dasarnya, kekerasan seksual sebenarnya bisa diupayakan untuk dikontrol dan dicegah. Tindakan preventif lebih baik bila dibandingkan dengan penanganan yang menguras waktu dan tenaga kita. Dengan adanya sosialisasi ini, semoga akan memberikan pemahaman kepada seluruh sivitas akademika UNRI terkait kekerasan seksual,” ujar Prof Dr Sri Indarti SE MSi dihadapan 250 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan hingga Koordinator Prodi di lingkungan UNRI.

Lanjut Rektor, ini menjadi komitmen kita semua, bagaimana sosialisasi ini bisa kita terapkan, sehingga kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi dapat dicegah seoptimal mungkin. 

“Konseling yang ada di lingkungan UNRI perlu dikuatkan perannya sebagai sebagai tempat pendidikan dan penguatan moral. Pengawalan dan lingkungan komunikasi yang baik, diharapkan kekerasan seksual bisa dicegah, dan kampus kita bisa betul- betul menjadi tempat yang aman dan nyaman, seperti yang kita harapkan bersama," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/az)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Resmi! Unri Batalkan Kenaikan UKT

Sabtu, 15 Juni 2024 | 18:09:03 WIB

PSPS Pekanbaru Jalani TC di Jakarta Pada 1 Juli

Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:18:55 WIB

Kantor Bank Riau Kepri Terbakar

Jumat, 14 Juni 2024 | 18:43:05 WIB