Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Wagub Riau Sambut Bulan Suci Ramadan Bersama Jemaah Masjid Nurul Yaqin
Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution menyambut ramadan bersama Tim Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Hangtuah Ujung, Pekanbaru, Minggu (19/03/2023).

PEKANBARU - Umat Muslim di seluruh dunia saat ini sangat antusias dalam menanti-nanti kehadiran bulan suci ramadan 1444 hijiriyah. Termasuk Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution.

Menjelang puasa tahun ini, Wagubri Edy Natar menyambut ramadan bersama Tim Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau. Pada pelaksanaan GSBB ke-133 ini, Wagubri berdakwah di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Hangtuah Ujung, Pekanbaru, Riau pada Minggu (19/03/2023).

Rasa senang bercampur bangga saat Wagubri Edy  mengungkapkan, bahwa masjid tersebut merupakan tempat dia sering melaksanakan salat berjamaah. Sebab masjid tersebut dekat dari tempat tinggalnya.

“Saya terus terang gugup untuk memberikan tausiyah di depan ini. Karena biasanya saya yang menjadi jemaahnya. Tapi satu sisi alhamdulillah subuh berbahagia ini kita bisa berkumpul bersama-sama dengan rombongan GSSB Riau sekaligus momentum ini bertepatan akan menyambut bulan suci ramadan,” ungkapnya.

Mantan Danrem Wira Bima ini, menjelaskan Program GSSB merupakan bentuk dakwah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang bertujuan sebagai wadah silahturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah, serta mengajak umat untuk meramaikan masjid.

“Alhamdulillah gerakan solat subuh berjamaah ini telah berjalan ke 113 kali. Tandanya juga sudah sebanyak 113 kali kami keluar masuk masjid untuk berdakwah keliling Provinsi Riau. Gerakan ini sudah ada sejak lama. Tetapi karena ada pandemi covid makanya sempat terhenti, sekarang ini kami menggerakkan kembali,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini minat masyarakat yang ada di Provinsi Riau untuk melaksanakan salat subuh berjamaah semakin dirasakan. Hal itu terbukti di berbagai tempat masih banyak yang menunggu kehadiran GSSB Riau dalam subuh berjemaah.

“Untuk di datangi rombongan GSSB ini masjid-masjid harus mengantri dahulu. Sekarang saja ada sekitar 30an masjid yang menunggu kehadiran gerakan ini. Tentu apa yang kita lakukan ini semata-mata gerakan untuk berdakwah untuk mengajak umat mendapatkan keberkahan dari Allah. Dan sekaligus juga menjadi tanggung jawab saya sebagai pemimpin,” terangnya.

Dia menuturkan, setiap pemimpin pasti akan mempunyai pertanggung jawabannya. Bahkan para jamaah semua yang ada di sini adalah pemimpin sesuai dengan levelnya. Oleh karena itulah dakwah ini juga bagian yang harus dilakukan meskipun dengan porsi yang berbeda, kalau ustad berdakwah dengan tausiyahnya kalau dirinya selaku pejabat hari ini dengan kehadirannya.

“Karena faktanya ketika di hubungkan minggu depan itu akan ada Wakil Gubernur datang ke masjid tersebut, Insya Allah ada juga yang datang karena memang menunggu kehadiran saya. Artinya kehadiran saya di tempat itu merupakan bagian dari dakwah,” tuturnya.

Sementara itu, seorang remaja bernama Adrian (20) yang tinggal di jalan Gunung Raya Hangtuah Ujung, mengaku senang saat mendengarkan tausiyah dari Wakil Gubernur Edy Natar. 

Karena menurutnya, hal yang disampaikan oleh seorang pemimpin tersebut sangat singkat, padat, dan mudah dimengerti. Sehingga, dirinya bersama kawan-kawan kagum dengan sosok Mantan Danrem Wira Bima/031 itu.

“Bapak Wagub memang sering saya lihat salat berjamaah di sini. Bahkan bapak itu ramah dengan kami semua. Jujur aja saat mendengarkan pak Wagub berceramah seperti tadi saya dan teman-teman ini kagum memperhatikannya, dan kami menilai bapak ini sudah sama seperti ustad di TV.” pungkas adrian.

Lebih lanjut, setelah menyampaikan dakwah Wakil Gubernur Edy Natar beserta Rombongan GSSB Riau dan para jemaah Masjid Nurul Yaqin melakukan foto bersama hingga ditutup dengan menyantap hidangan yang telah disajikan. 

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pemprov Riau Hadiri Pengucapan Sumpah PAW Anggota DPRD

Senin, 04 Maret 2024 | 13:29:53 WIB

Cek Prakiraan Cuaca Wilayah Riau, Senin 4 Maret 2024

Senin, 04 Maret 2024 | 12:52:51 WIB

TP PKK Riau Tanam 1.000 Bibit Cabai di Kulim Pekanbaru

Senin, 04 Maret 2024 | 12:46:34 WIB

Bupati Lantik 61 Orang Pejabat Kuansing

Ahad, 03 Maret 2024 | 16:40:55 WIB