Sabtu, 14 Muharram 1446 H | 20 Juli 2024
Diploma III Teknik Unri Terima Mahasiswa Baru, Catat Jadwal Pendaftaran
Ilustrasi

PEKANBARU - Diploma III Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Riau membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2023.

Dr Yelmida A MSi selaku Koordinator Prodi Diploma III (D-III)Teknik Kimia, mengatakan, bahwa keahlian dibidang teknik kimia ini banyak dibutuhkan diberbagai sektor, terutama di sektor industri kimia.

Yelmida menjelaskan, bahwa Teknik Kimia adalah ilmu yang mempelajari rekayasa atau memproses bahan baku-raw material menjadi produk atau menghasilkan sesuatu produk yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan pengetahuan ilmu kimia. 

Pihaknya, ucap Yelmida, tahun ini memfasilitasi putra-putri Indonesia yang berkeinginan untuk mendalami bidang ilmu kimia pada jenjang pendidikan D-III Teknik Kimia.

Untuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, ucap Yelmida, sudah dibuka pada 14-28 Februari 2023 melalui portal https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Untuk siswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Kedua, melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), untuk pendaftaran dibuka tanggal 23 Maret - 14 April 2023.

"Caranya dapat mendaftar di portal https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/," ujar Yelmida.

Sedangkan, bagi pendaftar melalui jalur Ujian Mandiri dan Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD), dapat mendaftar tanggal 10 Juni - 10 Juli 2023 melalui portal https://um.unri.ac.id.

Selanjutnya, bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke D-III Teknik Kimia, dapat mengikuti perkembangan informasi melalui website https://kimia-D-III.ft.unri.ac.id.

Atau, lanjut Yelmida, bisa langsung ke Kantor Jurusan Teknik Kimia di Kampus Fakultas Teknik Unri Bina Widya Km 12,5 Panam Pekanbaru.

"Peluang kerja bagi lulusan D-3 Teknik Kimia, sangat terbuka luas khususnya di Provinsi Riau, karena industri kimia banyak terdapat di Riau, dan juga sangat berkembang dengan pesat," jelas Yelmida. 

Yelmida memaparkan, bahwa mahasiswa lulusan D-III Teknik Kimia ini nantinya banyak dibutuhkan diberbagai industri kimia seperti industri perminyakan, gas alam, industri pengolahan sawit, industri pulp dan kertas, industri pertambangan batu bara, maupun industri semen.

Selain itu, lulusan teknik kimia nantinya juga akan mampu dalam bidang industri pupuk, industri polimer, industri petrokimia, industri plastik, industri farmasi, industri makanan dan minuman, industri keramik, industri gelas, industri pengolahan limbah. 

"Lulusan D-III Teknik Kimia ini juga dapat bekerja di bidang penelitian, pertambangan dan energi, dinas perindustrian, dan perbankan," kata Yelmida. 

Dalam prosesnya, Yelmida mengatakan, metode pembelajaran di D-III Teknik Kimia, ditujukan untuk mempersiapkan anak didik menjadi lulusan ahli madya sebagai pimpinan lapangan maupun pelaksana kerja atau operator yang cakap dan terampil.

Kemudian, mahasiswa D-III Teknik Kimia dilatih mampu mengenal rincian sistem teknologi pemrosesan, memahami prinsip utama pengoperasian berbagai jenis peralatan pabrik kimia, serta mampu mengoperasikan dan merawat peralatan pabrik kimia, serta dapat bekerja dalam sebuah team work.

Yelmida menyampaikan, Program Studi D-III Teknik Kimia memiliki keunggulan yakni masa studi yang relatif singkat, dapat ditempuh dalam waktu 6 semester atau 3 tahun.

"Untuk masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan yang tidak lama," kata Yelmida.

Yelmida menginformasikan, tahun 1984 merupakan sejarah berdirinya Pendidikan D-III Teknik Kimia FT Unri. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Dikti nomor 15 Tahun 1984 berada di bawah Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT). 

D-III Teknik Kimia ini sejak tahun 2000 an sudah berada di bawah naungan Fakultas Teknik berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 379/Dikti/Kep/2000.

"Bagi peminat yang ingin mendapatkan informasi lebih, dapat menghubungi pengelola Jurusan Teknik Kimia FT UNRI melalui nomor kontak 081365717885, 082283679580, serta E-mail d3tk@eng.unri.ac.id, Instagram @d3tkunri, dan website https://kimia-d3.ft.unri.ac.id/," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )