Ahad, 10 Zulhijjah 1445 H | 16 Juni 2024
6.500 Kendaraan Melintasi Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang saat Cuti Bersama
Gerbabg tol Bangkinang, Riau.

 PEKANBARU - Selama libur long weekend (libur panjang) peringatan Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama pada minggu lalu 22-23 Maret 2023, Hutama Karya mencatat trafik di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehari sebelum tanggal merah, Selasa (21/3/2023). Di mana terdapat peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan trafik normal.

"Sebanyak 95 ribu lebih kendaraan melintas di seluruh ruas JTTS kelolaan Hutama Karya pada hari libur long weekend Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama," kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, Senin (27/3/2023).

Koentjoro mengatakan, normalnya VLL sebelum long weekend dilintasi 73 ribu kendaraan, dengan ruas yang mengalami peningkatan trafik paling tinggi, yaitu tol Pekanbaru - Bangkinang dengan peningkatan sebanyak 57 persen atau sebanyak hampir 6.500 kendaraan melintas.

Sementara untuk Mudik Lebaran 2023 mendatang, lanjut Koentjoro, Hutama Karya memprediksi proyeksi VLL di JTTS akan meningkat sebesar 35 persen dibandingkan dengan trafik normal.

"Angka ini merupakan prediksi akumulasi lalu lintas dari seluruh ruas yang dikelola oleh Hutama Karya di JTTS," sebutnya.

Untuk kondisi terkini jalan tol, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. 

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, pengendara dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya. Dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE," ujarnya. 

"Selain itu, kami terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada," tukasnya. MC Riau/amn

(Mediacenter Riau/amn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )