Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Hadapi Pemilu 2024, Peran Media Harus Dioptimalkan
Bimtek optimalisasi peran media

PEKANBARU - Berbagai strategi dilakukan untuk pelaksanaan Pemilu serentak yang akan berlangsung di tahun 2024. Satu di antaranya adalah strategi peran media. 

Untuk mengoptimalkan peran itu, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau bersama dengan DPRD Kabupaten Siak melakukan sinergi dan kolaborasi. 

Kegiatan yang dilakukan adalah Bimbingan Teknis (Bimtek) yang mengusung tema "Optimalisasi Peran Media dalam Pemilu Serentak tahun 2024". Dilaksanakan selama tiga hari(27-30) April 2023, di Pekanbaru.

Hadir sebagai narasumber yakni Komisi Informasi Publik Riau, Tatang Yudiansyah, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, dengan peserta Pimpinan dan anggota DPRD Siak, dan  Sekwan DPRD Siak.

Wakil Ketua DPRD Siak, Androy Aderianda menyebutkan, bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya butuh masukan dari narasumber. 

Masukan yang dibutuhkan terkait strategi ke arah media, yakni bagaimana cara mengelola media secara baik, agar informasi bisa tersalurkan dengan maksimal. 

Diungkapkan, bahwa sebelumnya strategi komunikasi yang dilakukan anggota DPRD banyak door to door. Namun, saat ini sekarang strategi media sosial di perlukan. 

"Strategi media ini sebagai bagian amunisi dalam meraih kemenangan dan semoga seluruh anggota DPRD Siak ini bisa duduk kembali di tahun 2024," ujarnya. 

Sementara itu, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengucapkan terima kasih kepada jajaran DPRD Sia yang mempercayakan Unilak melaksanakan kegiatan ini.

"Tema dalam kegiatan ini sangat menariak sekali, tentang media, dan hari ini peran media itu sangat penting. Mungkin 10 tahun lalu pola komunikasi masih konvensional. Tetapi pada hari ini terjadi perubahan yang sangat luar biasa," ucap Junaidi. 

"Dengan kehadiran sosial media, perangkat teknologi merubah semua itu, pola dalam kehidupan kita berubah, termasuk dalam bidang politik," imbuhnya. 

Dikatakan dia, para politisi harus mensinergikan media teknologi dengan informasi, karena tantangan cukup berat.

Saat ini, imbuhnya Junaidi, sosial media telah masuk ke kampung-kampung sehingga strategi yang dibuat harus tepat juga. Mengkombinasikan strategi konvensional dengan media digital juga akan efektif untuk menyampaikan pesan.

"Para politisi juga harus mengelola konten-konten, sehingga pesan itu sampai ke masyarakat," katanya lagi. 

Sementara, Kepala LPPM Unilak Dr David Setiawan mengatakan, Bimtek ini merupakan tahun kedua dilakukan kegiatan dengan DPRD Siak. 

“Besar harapan kami pelaksanaan Bimtek tahun ini mampu memberikan pemahaman tentang optimalisasi peran media dalam Pemilu Serentak tahun 2024," tutur David.

Adapun  narasumber yang hadir pada kegiatan ini, di antaranya ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Wakil Sekretaris SPS Riau Moh Hasbi, dan Ketua KPU Riau Ilham Yasir.

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB