Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Buka Roadshow Gernas 1000 Startup, Kadis Kominfotik Riau : Menuju Terciptanya Ekosistem Ekonomi Digital
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya

PEKANBARU - Roadshow Program Gerakan Nasional (Gernas) 1000 Startup yang hari ini berkunjung ke Negeri Lancang Kuning ini disambut baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Minggu, (7/5/2023).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya memandang kegiatan ini bermanfaat dalam memberikan wawasan dan pemahaman  mengenai kewirausahaan berbasis digital kepada para masyarakat.

“Pemprov Riau tentunya sangat menyambut baik kegiatan ini, guna memperkenalkn apa itu startup sehingga memberikan wawasan dan pemahaman pola pikir kewirausahaan berbasis digital kepada pesertanya,” ucapnya.

Selain itu menurutnya, sudah merupakan suatu kewajiban bagi pihaknya dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini, guna mendukung tumbuh kembangnya startup, e-commerce dan usaha - usaha yang berbasis digital.

“Pemprov Riau saat ini sedang mengguatkan upaya transformasi digital secara masif menuju terciptanya ekosistem ekonomi digital bahkan sampai ke pedesaan,” jelasnya.

“Semangat transformasi digital tersebut kemudian ditetapkan didalam misi kelima Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2019-2024,” imbuh Erisman.

Sejalan dengan hal tersebut, Koordinator Startup Digital Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi RI Sonny Hendra menuturkan sebagaimana arahan Presiden RI, terdapat lima prioritas dalam akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Meliputi, percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, penyiapan peta jalan (Roadmap) transformasi digital di sektor-sektor strategis, percepatan integrasi Pusat Data Nasional (PDN).

Kemudian, penyiapan regulasi, skema-skema pendanaan transformasi digital, dan terakhir, penyiapan kebutuhan sumber daya manusia sebagai talenta digital.

“Kini membangun bangsa bisa dimana saja dan kesempatan untuk penghidupan yang lebih baik tidak hanya berputar di Kota Besar saja,” katanya.

“Internet akan menghubungkan Indonesia dengan seluruh dunia. Dengan internet kita merdeka dengan dalam berkarya. Dengan kolaborasi kita ciptakan inovasi,” tutup Sonny.

 

 

 

 

(Mediacenter Riau/wjh)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB