Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Buka Kegiatan Manasik Haji, Pj Walikota Ingatkan Jemaah Haji Pekanbaru Jaga Kesehatan

PEKANBARU - Bertempat di Masjid Paripurna Nurussalam Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun diwakili Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution membuka secara resmi kegiatan Manasik Haji Jemaah Haji Kota Pekanbaru tahun 2023 M/1444 H.

Dalam kesempatan itu, Ia berpesan kepada Jemaah Haji Kota Pekanbaru agar dapat menjaga kesehatan, meningkatkan stamina agar pada saat melaksanakan ibadah haji bisa berjalan dengan lancar dan pulang dengan meraih gelar haji dan hajah mabrur.

"Tentunya cuaca di daerah kita ini tidak sama dengan cuaca di Mekkah dan Madinah, karena itu kepada Jemaah Haji kami minta agar dapat menjaga kesehatan, minum nutrisi yang banyak untuk menjaga stamina," ingat Pj Walikota.

Kepada petugas haji, Dia berpesan agar mengutamakan pelayanan terlebih dahulu baru melaksanakan ibadah, agar Jemaah Haji bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan lancar, "Petugas inikan dibiayai, jadi ya harus mengutamakan memberi pelayanan terbaik kepada Jemaah haji," tegasnya.

Mengenai kegiatan Manasik Haji ini, Sekda menyebut kalau ini merupakan bagian dari simulasi sebelum melaksanakan ibada haji di tanah suci, agar para Jemaah Haji dalam melaksanakan ibadah bisa teratur, tertib dan tentunya diharapkan bisa menyelesaikan semua yang disyaratkan dalam melaksanakan ibadah Haji.

"Ini bagian dari upaya kita untuk terus mengingatkan Jemaah Haji, agar mereka ketika melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci bisa dengan tertib dan teratur, dan tentunya kita harapkan mereka bisa meraih gelar haji ataupun hajah mabrur ketika pulang ke tanah air," imbuhnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru Drs H Syahrul Mauludi MA mengatakan bahwa, rangkain acara pembukaan acara Manasik Haji bagi Jemaah Haji Kota Pekanbaru yang dilaksanakan hari ni merupakan bagian awal dari rangkai kegiatan Manasik Haji yang akan dilaksanakan Jemaah Haji dimasing-masing kematan, yang dilaksanakan pada 8 hingga 15 Mei 2023.

Kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan merupakan bagian untuk memudahkan para Jemaah Haji, karena selain pemberian materi, mereka juga akan melakukan simulasi secara langsung. "Akan ada juga simulasi, jadi tadi kita ingatkan para Jemaah Haji, agar pada saat simulai bisa dengan sepenuh hati, yakni bisa membayangkan kalau itu dilakukan di tanah suci," ujarnya.

Syahrul juga menjelaskan bahwa untuk Jemaah Haji Kota Pekanbaru tahun ini berjumlah 758 orang plus 50 orang dari cadangan. Jumlah ini bisa saja bertambah karena masih ada yang belum melunasi Biaya Perjalanan lbadah Haji (BIPIH) sekitar 212 orang. 

"Karena Pemerintah telah memperpanjang jadwal pelunasan BIPIH ini hingga 12 Mei mendatang. Karena intu kami menghimbau bagi yang belum melunasi, dan telah dijadwalkan berangkat tahun ini, agar segera melunasinya. Dan tentunya mereka yang melunasi belakangan, juga akan diberikan materi manasik haji," pungkasnya. 

 

 

(Mediacenter Riau/mad)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB