Senin, 11 Zulhijjah 1445 H | 17 Juni 2024
Wagub Riau Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Kartini ke-145
Puncak peringatan hari Kartini 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat (26/5/2023)

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution menghadiri acara puncak peringatan hari Kartini 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat (26/5/2023).

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Riau, Suti Mulyati dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Provinsi Riau, Fariza.

Wagubri Edy sampaikan peringatan hari Kartini merupakan hari yang bersejarah bagi perempuan di Indonesia. Kartini dimaknai sebagai upaya kesetaraan wanita untuk menjadi manusia yang mempunyai kepribadian dengan mendapatkan kesempatan yang setara dalam berbagai bidang.

"Hal tersebut dapat dimulai dari menguatkan ketahanan keluarga yang lebih baik," ucapnya.

Mantan Danrem 031/WB itu sampaikan, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut untuk sadar dan aktif dalam meraih akses dan kesempatan yang sama dalam berbagai bidang pembangunan. 

Oleh karena itu, lanjutnya, peringatan Hari Kartini diharapkan merupakan momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

"Perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan. Tentu saja, perempuan tidak melupakan kodratnya sebagai wanita yang merupakan ibu dari anak-anaknya dan istri di dalam sebuah rumah tangga," ujarnya. 

Dijelaskan dia, tujuan peringatan Hari Kartini adalah memperingati dan menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di era modern, terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di segala bidang.

"Kegiatan ini mengandung makna mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kartini menjadi inspirasi bagi banyak kaum Perempuan Indonesia untuk berjuang demi hak yang sama dengan kaum laki-laki.

Wagubri berharap momentum Hari Kartini dapat menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk berjuang demi hak yang sama dengan laki-laki dalam melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi langsung terhadap meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bumi lancang kuning melalui sektornya masing masing. 

"Sehingga memungkinkan kaum perempuan yang kemudian mengaktualisasikan jati dirinya dan memberikan yang terbaik bahi keluarga, nusa dan bangsa," terangnya.

"Selamat Hari Kartini ke-145 tahun 2023 bagi seluruh perempuan hebat di provinsi Riau. Jadilah pelita di dalam kegelapan yang sinarnya senantiasa memberikan manfaat bagi semesta alam," tandasnya.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pemkot Pekanbaru Siap Sembelih 34 Ekor Sapi Kurban

Senin, 17 Juni 2024 | 00:03:50 WIB

Resmi! Unri Batalkan Kenaikan UKT

Sabtu, 15 Juni 2024 | 18:09:03 WIB

PSPS Pekanbaru Jalani TC di Jakarta Pada 1 Juli

Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:18:55 WIB

Kantor Bank Riau Kepri Terbakar

Jumat, 14 Juni 2024 | 18:43:05 WIB