Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Petugas Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Teluk Bano Rohil  

PEKANBARU -  Petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni dan BPBD saat ini tengah melakukan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Teluk Bano, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (17/7/2023). 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, BPBD Riau, Jim Ghafur, Senin (17/7/2023) mengungkapkan, petugas yang melakukan pemadaman Karhutla di Desa Teluk Bano ini tidak hanya dilakukan lewat darat. Namun Satgas udara juga dikerahkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api yang membakar di desa tersebut.

"Iya, heli water boombing sudah dikerahkan juga ke lokasi untuk membantu proses pemadama," kata Jim.

Sementara untuk luas lahan yang terbakar di wilayah tersebut hingga saat ini belum diketahui. Sebab saat ini petugas masih fokus melakukan pemadaman.

"Kita belum hitung berapa luasnya, karena petugas kita masih fokus melakukan pemadaman," katanya. 

Melihat kondisi cuaca di Riau yang cukup panas dan kering, pihak mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.  Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembagan membuang puntung rokok yang masih menyala bara apinya. Apalagi saat berada di kebun, tanah kosong atau di hutan.

"Yang hobi mancing ikan juga, kan biasa ada yang buat api untuk bakar-bakar ikan atau api unggun, itu juga harus hati-hati. Pastikan apinya dipadamkan sampai padam semua baru ditinggalkan pulang, jangan ditinggal begitu saja, itu bisa juga berpotensi terjadinya kebakaran lahan," ujarnya.

 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

Rabu, 24 April 2024 | 21:56:51 WIB