Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Petani dan Pemkab Kepulauan Meranti dapat Bantuan dari Gubernur Riau
Gubernur Riau Syamsuar disambut antusias warga Kabupaten Kepulauan Meranti.

MERANTI - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan sejumlah bantuan untuk Kelompok Tani dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti. Bantuan disalurkan pada saat kegiatan panen raya di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (24/07/2023).

Adapun bantuan yang diserahkan Gubernur Syamsuar yakni traktor, alat bantu panen,  bantuan paket pupuk. Kemudian, bantuan dua mesin kopi sachet, dan satu paket alat pasca panen karet untuk dua Kelompok Tani. 

Setelah itu, Gubri Syamsuar menyerahkan satu unit mesin pemadam yang diterima oleh Camat Rangsang. Lalu, Satu unit mesin pemadam yang diserahkan kepada Kepala Desa Tanjung Peranap. 

Selanjutnya, Gubri juga menyerahkan bantuan 7 ekor sapi kepada Kelompok Tani Berkah Desa Gogok Darusalam Kecamatan Tebing Tinggi barat. Lalu, tujuh ekor sapi diserahkan kepada Kelompok Berkah Berkarya Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi. Kemudian, tujuh ekor sapi lagi di berikan kepada Kelompok Ternak Sepakat, Desa Insit, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Dijelaskan Gubri, tujuan pemberian sejumlah bantuan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan bantuan peralatan penanganan karhutla, berfungsi untuk mengantisipasi dan pengendalian kebakaran hutan.

“Kita juga memberikan bantuan untuk petani baik tanaman pangan maupun dari petani kopi. Dan termasuk kita memberikan bantuan alat mengatasi kebakaran untuk bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini,” jelasnya.

“Sekaligus juga kita harapkan tidak ada kebakaran hutan atau pun lahan yang hebat seperti di tahun-tahun sebelumnya dengan adanya kesiapan kita untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” lanjut Gubri.

Gubernur Syamsuar menerangkan, tahun ini adalah musim kemarau yang sangat kuat. Berdasarkan informasi BMKG Pusat, sampai bulan Oktober Indonesia mengalami musim kemarau kering. Maka adanya bantuan pemadam kebakaran tersebut, masyarakat dapat membantu Kepala Desa, TNI, Polri yang ikut berjibaku memadamkan api yang tidak diharapkan. 

“Karna itu lebih baik kita mencegah daripada terjadi kebakaran. Harapan saya mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi lagi. Karna kita bersama TNI/Polri dan jajaran terkait telah bekerja maksimal mengendalikan karhutla yang bisa mengakibatkan bencana kabut asap.” harapnya.

Sementara itu, seorang warga Desa Kedabu Rapat, Dika (23) mengaku senang dengan kehadiran Gubri Syamsuar. Menurut dia, kedatangan gubernur sudah sangat dinanti-nanti oleh masyarakat sekitar. Menurut dia, kehadiran orang nomor satu di Provinsi Riau itu ke desanya, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi dan masukan kepada pemimpin.

“Kami sudah dari kemarin menanti kedatangan Pak Gubernur ke sini. Jujur saja senang bisa bertemu secara langsung kepada beliau, apalagi Pak Gub tadi banyak memberikan bantuan kepada kami. Terus Pak Gub juga mempersilahkan kami untuk menyampaikan aspirasi dan masukan pada sesi tanya jawabnya. Saya harap masukan-masukan kami itu bisa diberikan solusinya,” ucap dia. 

Sebagai informasi, pada kesempatan ini Gubri Syamsuar juga melakukan peresemian gudang penangkar padi Kempok Tani Usaha Mandiri Sejatera, Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain itu, mantan Bupati Siak dua priode itu melakukan interaksi tanya jawab kepada masyarakat Desa Kedabu Rapat.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ini Sosok Gubri Edy Natar Menurut Plt Bupati Asmar

Senin, 19 Februari 2024 | 19:34:25 WIB

KPU Meranti Musnahkan 285 Lembar Surat Suara Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 | 21:19:05 WIB

Gubri Edy Nasution Imbau Petani Tidak Alih Fungsikan Lahan

Jumat, 02 Februari 2024 | 09:58:21 WIB

Lahan di Desa Topang Masih Berpotensi di Tanam Padi

Kamis, 01 Februari 2024 | 22:12:56 WIB

Produksi Padi Kepulauan Meranti Tertinggi di Riau

Kamis, 01 Februari 2024 | 19:42:30 WIB

Gubri Edy Nasution Panen Raya Padi Di Desa Topang

Kamis, 01 Februari 2024 | 15:44:20 WIB

Bawaslu Meranti Rekrut 677 Pengawas TPS Pemilu 2024

Ahad, 24 Desember 2023 | 16:34:30 WIB