Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Dipercaya Bisa Atasi Stunting, Gubernur Syamsuar dan Menkes Tanam Tumbuhan Kelor di Pelalawan
Penanaman bersama tanaman kelor di Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN- Tanaman kelor dikenal dengan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Tanaman dengan nama latin moringa oleifera ini juga dipercaya bisa atasi masalah stunting. 

Untuk mendapatkan banyak manfaatnya, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Bupati Pelalawan, Zukri Misran, Presiden Direktur PT RAPP, Sihol Aritonang melakukan penanaman bersama tanaman kelor di halaman belakang Puskesmas Berkilau Pangkalan Kerinci II, Kabupaten Pelalawan, Selasa (25/7/2023). 

Gubernur Syamsuar berharap masyarat dapat mengetahui khasiat dan manfaat dari tanaman kelor, sehingga tanaman tersebut bisa dimasifkan penanamannya yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

"Seperti diketahui, tanaman kelor ini banyak manfaatnya, semoga bisa bermanfaat dan bisa ditanam juga oleh masyarakat Riau," ujar Gubernur Syamsuar. 

Sementara Bupati Pelalawan, Zukri Misran mengaku telah mempersiapkan salah satu strategi untuk mengatasi permasalah stunting, yakni dengan cara memerintahkan kader posyandu untuk memberikan nutrisi kelor kepada masyarakat Pelalawan setiap dua kali dalam seminggu. 

"Kami mencadangkan setiap kader posyandu memberikan nutrisi kelor dua kali seminggu kepada masyarakat," ujarnya. 

Zukri Misran menjelaskan bahwa dari daunnya yang kecil, tanaman kelor mengandung segudang manfaat, mulai dari protein, antioksidan, vitamin, mineral, hingga zat besi. Sehingga pencegahan stunting melalui pemanfaatan fungsi kandungan tanaman kelor dinilai sebagai bentuk aksi intervensi dari sektor hulu. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )