Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024
PB Porwil Tinjau GOR Tribuana Pekanbaru

PEKANBARU - Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera melakukan peninjauan venue yang akan digunakan saat Porwil XI Sumatera pada bulan November 2023 mendatang.

Alhamdulillah pada hari ini kita dari PB, ada dari KONI, Dispora, PUPR meninjau venue untuk dipergunakan di saat porwil nanti," ujar Sekretaris PB Porwil XI Sumatera Edi Satria usai peninjauan Venue di GOR Tribuana, Selasa (25/7/2023).

Ia mengatakan tim dibagi menjadi dua kelompok. Ada yang ke sport center Rumbai ada juga yang ke arah Marpoyan Damai.

"Jadi ada dua regu yang meninjau. Kita sekarang berada di GOR Tribuana Diponegoro. Nantinya GOR ini akan dipakai untuk Cabor Barongsai. Setelah ini kita bergerak ke venue Sepak Takraw di Purna MTQ," sebutnya.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di GOR Tribuana, ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan. Pertama itu plafon, ada atap yang bocor. Kedua beberapa kursi ada yang patah, selanjutnya air bersih dan juga persiapan renovasi WC juga perlu dilakukan.

"Kemudian juga AC standing itu memang banyak tapi perlu diservis dan difungsikan. Itu gambaran kasar yang kita dapatkan pada peninjauan di GOR Tribuana," terangnya.

Setelah ini, pihaknya akan membawa ke rapat PB. Pihaknya akan menyampaikan permasalahan yang ada di lapangan.

"Tapi ini mudah-mudahan tidak akan mengganggu jalannya porwil, segera kita bisa tangani sehingga saat pelaksanaan Porwil semua bisa fungsional," ucapnya.

Pihaknya akan melakukan koordinasi juga dengan Dinas PUPR selaku dinas yang akan melakukan perbaikan ataupun pemeliharaan Venue. "Kita optimis ini bisa selesai. Secepatnya kita akan melakukan rapat bersama. Apalagi waktu juga singkat juga. Semua kita percepat," pungkasnya. 

Sebelumnya, Sekum KONI Riau, Edi Satria mengatakan, pihaknya kemarin menghadap Gubernur Riau Syamsuar, pada prinsipnya dalam pertemuan tersebut kami melaporkan persiapan untuk penyelenggaraan Porwil XI se Sumatera yang akan diselenggarakan di Riau pada November 2023 mendatang pasca telah terbentuknya SK PB Porwil.

"Pada prinsipnya Pak Gubernur ingin penyelenggaraan Porwil bisa berjalan dengan lancar dan Riau sukses sebagai tuan rumah. Dan tidak kalah pentingnya prestasi atlet kita dengan mempertahankan juara umum Porwil," ujar Edi Satria, Senin (24/8).

Lebih lanjut dikatakannya, Gubri minta agar atlet dipersiapkan secara maksimal sehingga bisa mempertahankan juara umum. Kemudian juga, kami melaporkan venue yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Porwil di Riau. "Rencana kita besok kita bersama-sama akan melakukan peninjauan venue. Setelah peninjauan nanti akan menjadi gambaran," katanya.

Ditambahkannya, sesuai dengan arahan dari Gubernur agar penyelenggaraan Porwil sukses. Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi dengan bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel.

"Menurut kami dukungan dari pemerintah Provinsi Riau sudah sangat serius, saat ini bagaimana lagi kita di PB Porwil ini harus mensukseskan ini semaksimal atau sebaik mungkin, agar para tamu kita mendapatkan kesan yang baik penyelanggaraan Porwil di Riau ini betul-betul sukses," pungkasnya. 

Sebelumnya, Gubri Syamsuar mendukung penuh pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatra, di Provinsi Riau. Gubri berharap Riau sebagai tuan rumah Porwil bisa mempertahankan gelar juara umum untuk yang ketiga kalinya.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur kepada KONI Riau, Iskandar Hoesin dan ketua Pengurus Besar (PB) Porwil XI Sumatra, Jhoni Irwan, dan Kadispora Riau, Boby Rahmat, saat mengadakan audiensi di kediaman Gubernur Riau, Ahad (23/7). Gubri Syamsuar  juga menyampaikan agar panitia Porwil mendudukkan, atau membahas secara sungguh-sungguh terkait apa yang menjadi tugas provinsi-provinsi dan tugas panitia penyelenggara. 

Selain itu Gubri juga meminta kepada Panitia Porwil agar meminta arahan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, apa saja yang menjadi tanggungjawab panitia Porwil sehingga tidak memberatkan provinsi-provinsi lain. 

“Sebagai tuan rumah pertahankan gelar juara umum untuk yang ketiga kalinya. Untuk kegiatan kepada KONI Pusat apa saja yang menjadi tanggungjawab kita sehingga tidak memberatkan kita lagi, terutama KONI yang di Provinsi," ujar Gubri Syamsuar. 

Gubri menyampaikan bahwa terkait penginapan dan transportasi, tentunya pemerintah Provinsi Riau siap memfasilitasi supaya Porwil Sumatera XI tahun 2023 di Provinsi Riau berjalan lancar. Semua persiapan terus dilakukan koordinasi, dengan PB Porwil.

"Sampai saat ini masih tidak ada kendala, Insha Allah kita akan menjadi tuan rumah yang baik demi kesuksesan Porwil Sumatera XI tahun 2023," kata Gubri.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, menyampaikan, sesuai dengan arahan dari Gubernur Riau, pihaknya bersama PB Porwil akan terus berkoordinasi untuk mempersiapkan Riau sebagai tuan rumah. Termasuk venue-venue yang akan digunakan untuk mempertandingkan 10 cabang olahraga.

“Gubernur mendukung sepenuhnya Porwil di Riau, harapan beliau kiat menjadi tuan rumah yang baik dan mempertahankan gelar juara umum. Insha Allah pelaksanaan dilaksanakan pada bulan November tanggal 4 hingga 14 November,” kata Iskandar Hoesin.

Sebagai tuan rumah kata Iskandar Hoesin, KONI Riau telah mempersiapkan atlet-atlet yang akan diterjunkan pada Porwil XI Sumatera mendatang. Porwil ini juga sebagai ajang untuk seleksi PON, dan Riau siap menjadi juara umum dan meloloskan atlet lebih banyak lagi.

“Atlet sudah dipersiapkan melalui Binpres KONI, targetkan kita tetap juara umum. selain itu dalam pelaksanaan Porwil selain sukses prestasi tentu sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses ekonomi kerakyatan. Kita juga berharap venue yang akan digunakan untuk Porwil bisa disiapkan sebelum pelaksanaan,” kata Iskandar Hoesin. 

Terpisah, ketua PB Porwil, Joni Irwan, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat koordinasi baik dengan KONI pusat maupun Provinsi yang nantinya ikut serta. Sesuai usulan ketua Umum Porwil kepada Gubernur, untuk pembukaan rencananya akan di selenggarakan di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, dengan harapan kegiatan ini bisa dimaksimalkan dengan tempat-tempat yang akan didisiapkan. 

(Mediacenter Riau/az)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )