Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
31 Mahasiswa Unilak Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3

PEKANBARU - Wakil Rektor I Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau, Dr Zamzami memberikan pembekalan kepada mahasiswa Unilak yang lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2023. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 ini digagas oleh Kementerian Pendidikan diikuti lebih dari 120 kampus di Indonesia dan lebih dari 1.0000 mahasiswa lolos.

Sedikitnya, ada 31 mahasiswa Unilak akan kuliah selama 4-6 bulan di kampus tujuan di luar pulau Sumatera. Dari hasil kegiatan ini dapat dikonfersikan sebanyak 20 sks. Para mahasiswa akan mendapatkan akomodasi pulang-pergi, uang saku sebesar 1,5 juta perbulan.

Pembekalan dan motivasi dilakukan kepada 31 mahasiswa, di aula gedung Rektorat Unilak, turut hadir Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, Koordinator Program Mahasiswa Merdeka Unilak Ambar Tri Ratnaningsih, MSi, sejumlah Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Kaprodi, Kepala Biro Unilak, Selasa (25/07/2023).

Menurut Ambar Tri Ratnaningsih mahasiswa yang lolos program pertukaran mahasiswa ini berasal dari 8 Fakultas di Unilak yaitu, Fakultas Teknik 3 orang, Fakultas Hukum 6 orang, Fakultas Pendidikan dan Vokasi (Fadiksi) 1 orang. Lalu, Fakultas Teknik 4 orang, Fasilkom 7 orang, Fakultas Ilmu Administrasi 2 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2 orang, Fakultas Ilmu Budaya 1 orang 

Kata Ambar, sebanyak 31 mahasiswa yang ikut program pertukaran mahasiswa telah lolos seleksi internal maupuan ekternal. Mereka akan melakukan kuliah di luar kampus Unilak, beberapa kampus tujuan yaitu Universitas Tadulako, Perbanas, Universitas Langlang Buana, Universitas Tribuana Tunggal Dewi, Universitas Muhammadiyah Kaltim, Universitas Dipa Makassar.

Kemudian, Universitas Mataram, IPB, ITB, Universitas Surabaya, Universitas Pancasila, Universitsa Negeri Malang, Universitas Padjajaran, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Parahiyangan Katolik, Amikom Purwokerto. 

Dr Zamzami dalam pesannya mengucapkan selamat untuk mahasiswa PMM 3 yang lolos. Saat ini persaingan program PMM  sangat ketat, karena dibiayai oleh negara. 

"Adik mahasiswa akan berada di daerah orang 4-6 bulan, maka jaga nama baik Unilak, jaga diri, baik bertutur kata. Budaya kita berbeda dengan budaya daerah lain, dan inilah bagian dari kekayaan Indonesia. Tata krama wajib dijaga, prestasi akademik harus baik, ambil positifnya perkuat jejaring dan bijak bermedia sosial," ujar Zamzami.

Dr Zamzami berharap kepada Dekan, Wakil Dekan I, dan Kaprodi di Fakultas untuk dapat mendukung program PMM dengan mengakui  konversi 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti.  "Saya berharap setelah anak-nak kita kembali magang mohon dikonversikan sesuai petunjuk kementerian karena program PMM ini diakui sebanyak 20 SKS [sistem kredit semester]."

Sementara itu< Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto mengucapkan selamat menjadi mahasiswa terpilih PMM. Ini menjadi hal yang sangat membanggakan bagi Unilak. Mahasiswa Unilak harus menunjukkan prestasi di di kampus lain, mahasiswa Unilak adalah mahasiswa berprestasi, disana (kampus tujuan) anda pasti akan dilibatkan dengan berbagai kegiatan maka ikuti itu dengan baik dan tunjukkan hasil terbaik. 

"Ambil contoh yang baik di kampus tujuan, ini akan menjadi bekal keilmuan pengalaman baik dan berharga, semoga selama disana selamat pergi selamat pulang," ucap Dr Bagio

Seorang mahasiswa Unilak dari Fakultas Hukum bernama Kaerinnina Wijaya tidak menyangka dapat bisa lolos dan bisa kuliah di Universitas Padjajaran. "Rasa senang sekali, dapat kuliah di Padjajaran selama 4 bulan bergabung dengan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Ini adalah pengalaman emas, dan tidak adakan disiasiakan. Dapat ilmu, kawan baru, mengenal budaya baru, dapat uang saku, dll. Pesan Pak WR untuk menjaga nama baik dan prestasi akan saya lakukan," ucapnya. 

(Mediacenter Riau/jep)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB