Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Wagubri : Shalat itu Kewajiban Mutlak yang Harus Bisa Dipertanggungjawabkan di Hadapan Allah

SIAK - Wakil Gubernur (Wagub) Riau, Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution mengatakan, bahwa perintah shalat merupakan kewajiban mutlak yang harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dihadapan Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan Wagubri Edy Natar Nasution saat kembali melanjutkan dakwahnya melalui Gerakan Shalat Subuh Berjamaah (GSSB) ke Masjid Al-Hidayah Perawang, Kabupaten Siak, Sabtu (29/7/2023).

"Tidak ada alasan apapun terkait dengan shalat, engkau mengatakan tidak!. Tidak ada alasan apapun, karena shalat itu adalah kewajiban mutlak yang harus bisa kita pertanggungjawabkan kepada Allah SWT," ungkapnya.

"Bagaimana mungkin bisa mengatakan [Ya Allah aku bertaqwa kepadamu, setia kepadamu], tapi perintah shalatnya saja tidak kita kerjakan," tambah Wagubri Edy Natar.

Sebab, menurut Mantan Danrem 031/Wira Bima ini menyatakan, bahwasanya perintah shalat itu adalah perintah yang tidak bisa ditolak. 

"Orang sehat wajib hukumnya, orang sakit wajib hukumnya, tidak punya tangan dan kaki tapi pikirannya masih jernih wajib hukumnya. Jadi, tidak ada yang menggugurkan kewajiban shalat itu, kecuali kesehatan [kewarasannya] pikirannya sudah hilang," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengungkapkan tidak ada alasan, untuk tidak melaksanakan perintah shalat tersebut.

"Shalat itu dikerjakan, tidak ada tawar menawar. Ini yang ingin kita galakkan, kita ingin ajak. Walaupun kita tergantuk-ngantuk menyandarkan diri mendengarkan tausiah usai shalat subuh, itu jauh lebih bagus daripada kita tidak melangkahkan kaki ke Masjid ini," ungkap Wagubri Edy Natar.

Wagubri meyakini, jika masyarakat Riau dapat memenuhi panggilan salat lima waktu di masjid, maka negeri melayu ini akan dilimpahi keberkahan melebihi yang ada pada saat ini.

Dijelaskan dia, dakwah merupakan perjalanan yang tidak mudah. Maka dari itu, perlu konsistensi yang kuat untuk mengajak ummat agar menghasilkan perubahan kejalan yang lebih baik.

"Ini yang harusnya kita perhatikan, ini yang harus setiap masjid berikan perhatian lebih dan terud berupaya untuk mengajak ummatnya masuk, beribadah di dalam masjid," tandasnya.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Perbaikan Infrastruktur Salah Satu Fokus Pemprov Riau

Jumat, 07 Juni 2024 | 20:31:49 WIB

Membangun Nilai-Nilai Kebudayaan Perlu Sinergitas

Rabu, 05 Juni 2024 | 17:29:11 WIB