Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Deputi Gubernur BI: Sektor UMKM dan Pariwisata Diharapkan Mampu Mendorong Ekonomi Domestik

PEKANBARU - Di tengah ketidakpastian ekonomi global, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana bisa menjaga agar ekonomi domestik konsisten tumbuh di atas 5 persen. Maka, diharapkan melalui sektor UMKM dan pariwisata mampu mendorong ekonomi domestik.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung pada Sabtu (29/7/2023), saat pembukaan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Riau. Bertempat dihalaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman.

"BBI-BBWI adalah suatu hal yang penting, guna mendorong penggunaan produk dalam negeri dan pariwisata sekaligus mempercepat perputaran ekonomi kita," ujarnya.

Dijelaska dia, dalam rangka mendorong sektor UMKM dan pariwisata, terdapat tiga hal yang harus diperkuat. Pertama, sebutnya, melanjutkan afirmasi memperkuat produk dalam negeri dan sektor pariwisata.

"Salah satu bentuk nyatanya adalah, melalui dukungan dan pelaksanaan Gernas BBI-BBWI Riau, dengan mensinergikan berbagai aktivasi pengembangan UMKM seperti pelatihan untuk pelaku UMKM," jelasnya.

Kedua, lanjutnya, pentingnya perluasan akses pasar melalui promosi, perdagangan, dan business matching. Ia sampaikan UMKM riau telah menunjukan capaian luar biasa baik nasional maupun internasional. 

 

"Melalui kerjasama dengan negara lain, 

seperti Malaysia, Singapura, dan Australia, salah satu hasilnya penjualan dan kesepakatan bisnis mencapai 5 milyar bersama produk unggulan UMKM Riau, maka kita harus bahu membahu meningkatkan produk UMKM dan memperluas pasarnya," terangnya.

 

Kemudian yang ketiga adalah mendorong UMKM agar bisa naik kelas. Baik melalui penguatan kelembagaan dan perluasan kemiteraan. Lalu, katanya, Peningkatan kapasitas melalui bantuan teknis dan pelatihan. Serta,  peningkatan akses pembiayaan yang didukung program digitalisasi.

"Kami mengajak seluruh masyarakat mencintai, membeli, dan menggunakan produk karya anak bangsa. Dengan demikian, menjadikan industri kreatif dapat berkembang dengan pesat," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )