Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
Hadiri Pelatihan Peningkatan Perangkat Kampung di Siak, Ini Pesan Gubernur Syamsuar

SIAK - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara langsung menghadiri pelatihan peningkatan perangkat kampung di Kabupaten Siak. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan untuk penasehat dan pengawas Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam).

Terdapat sebanyak 124 orang terdaftar untuk pelatihan peningkatan kasitas perangkat kampung. Kemudian, untuk pelatihan penasehat dan pengawas BUMKam berjumlah 28 orang yang mengikutinya. Agenda berlangsung di Aula Hotel Grand Mempura, Siak Sri Indrapura, Sabtu (29/07/2023) sore.

Dikatakan Gubri Syamsuar, bahwa bimbingan yang digelar oleh Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) se-kecamatan Sungai Apit tersebut sangat bagus. Hal ini dapat mendorong kemampuan masyarakat memahami desa mandiri, apalagi sekarang Kabupaten Siak sudah menjadi peringkat dua pada Indeks Desa Pembangun (IDM) di Provinsi Riau.

“Kami ingin sampaikan Siak ini termasuk Indeks Desa Pembangun (IDM) tertinggi di Provinsi Riau. Alhamdulillah kabupaten ini termasuk tertinggi nomor dua, sekarang sudah berada di kategori desa mandiri,” kata Gubri.

Dijelaskan, untuk menjadi desa mandiri itu bukan sesuatu yang instan karena sangat diperlukan koordinasi bersama agar mewujudkan desa mandiri. Dengan begitu, Gubri berpesan perangkat desa tetap selalu menjalin hubungan baik kepada pemerintah daerah sehingga setiap tahunnya akan konsisten menjaga posisi IDM tertinggi.

“ Hal ini juga tentu adanya komitmen dan koordinasi antara Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten yang memperhatikan setiap desa. Sehingga, oleh karna itu kami berharap kerja sama itu tetap di tingkatkan. Sebab penilaian itu bukan hanya pada tahun ini saja tetapi setiap tahun tentu ada penilaiannya,” jelas mantan Bupati Siak dua periode itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Siak, Husni Merza mengapresiasi Gubernur Syamsuar yang telah menyisihkan waktu untuk hadir di kegiatan peningkatan perangkat kampung se-Kecamatan Sungai Apit tahun 2023.

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Guebernur Riau yang telah menyempatkan hadir bersama-sama kami dalam kegiatan pelatihan ini. Kami mengetahui, bahwa agenda bapak sangat padat sekali hari ini. Untuk itu, beruntunglah kegiatan kita dapat di hadiri bapak Gubernur,” ujar Wabup.

Dirinya menuturkan, BUMKam ataupun BUMDes itu dapat menggerakkan ekonomi daerah. Hal itu dilihat sebagaimana pengelolaannya dari masyarakat desa untuk perkembangan desanya juga. Maka dari itu, Wabup Siak berharap dari kegiatan hari ini peserta yang mengikuti dapat membuat kemajuan untuk BUMKam lebih maju lagi.

“ Mudah-mudahan dari pelatihan harini kita dapat meningkatkan komitmen perangkat kampung dan BUMKam semakin baik, semakin maju, dan mempunyai sumber daya manusia yang baik di masa akan datang. Harapan kami tentunya, peserta betul-betul mengikuti dan memahami pelatihan materi dengan baik.” harapnya.

 

 

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KONI Riau Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Kepada Bupati Siak

Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:23:07 WIB

Festival Siak Bermadah Sajikan Wajah Kebudayaan Melayu

Kamis, 12 Oktober 2023 | 12:07:59 WIB

Mencicipi Rasa Durian Sultan di Kampung Agam Siak Riau

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:16:54 WIB