Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
Pencemaran Air Sungai Siak di Tualang  Tunggu Uji Sampel
Ilustrasi: Seorang pehobi mancing di Sungai Siak, memegang ikan patin mati.

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak telah melakukan pelacakan dan identifikasi sumber pencemaran air Sungai Siak. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Tualang yang menyebabkan ikan mati pada pekan lalu. 

Tak hanya itu, DLHK Riau juga telah mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah perusahaan itu untuk diuji di laboratorium. Namun, hasilnya hingga kini belum keluar. 

"Kami DLHK Riau telah berupaya melakukan identifikasi pencemaran air Sungai Siak di Tualang bersama DLH Siak dan berkoordinasi dengan KLHK," kata Kepala DLHK Provinsi Riau, Mamun Murod melalui Kepala Bidang PPKLHK, Embiyarman, dikutip, Minggu (30/7/2023).

Embi mengatakan, jika pihaknya bersama DLH Siak juga telah mengambil sampel air Sungai Siak tersebut untuk diuji di Laboratorium Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau. 

"Saat ini sampel masih diuji di Labor PUPR, nanti hasilnya akan kami sampaikan ke KLHK. Karena Sungai Siak ini kewenangan kementerian, kita dalam persoalan ini sifatnya membantu," tutupnya. 

Diberitakan sebelumnya, beredar informasi terjadi pencemaran di Sungai Jantan atau Sungai Siak, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat para nelayan menangkap ikan  mati menggunakan alat tangkap ikan tangguk. Belum diketahui penyebab banyaknya ikan di Sungai Siak itu, namun diduga tercemar limbah perusahaan. 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod melalui Kepala Bidang , Embiyarman mengatakan, jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait informasi adanya pencemaran Sungai Siak di Kecamatan Tualang, Siak. 

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait adanya pencemaran di Sungai Siak," kata Embiyarman.

Embiyarman mengatakan, saat ini tim Dinas LHK Siak sudah turun ke lokasi menindaklanjuti laporan adanya pencemaran di Sungai Siak. "Tim Dinas LHK Siak sekarang sedang cek ke lapangan terkait informasi itu, dan kita sekarang masih menunggu hasilnya penyebab ikan mati di Tualang itu," sebutnya. 

"Jadi tim Dinas LHK Siak tengah mengidentifikasi sumber limbah dari mana. Tentu harus ditelusuri hulunya. Itu yang sedang diidentifikasi, dan kita tunggu hasilnya," tukasnya. 

(Mediacenter Riau/amn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KONI Riau Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Kepada Bupati Siak

Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:23:07 WIB

Festival Siak Bermadah Sajikan Wajah Kebudayaan Melayu

Kamis, 12 Oktober 2023 | 12:07:59 WIB

Mencicipi Rasa Durian Sultan di Kampung Agam Siak Riau

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:16:54 WIB