Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Buka Rakor Kepala Sekolah SMK/SMA se Riau 2023, Berikut Arahan Gubri Syamsuar
Gubernur Riau Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Resmi Rakor Ka. SMA/SMK/SLB Se-Provinsi Riau Tahun 2023, Senin (31/7/2023)

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka rapat koordinasi (Rakor) kepala sekolah SMK/SMA, SLB, se Provinsi Riau tahun 2023,dengan tema penguatan kapasitas kepala sekolah guna peningkatan mutu satuan pendidikan, berlangsung di Hotel Furaya, Senin (31/7/2023). 

Dalam sambutanya, Gubri Syamsuar menyampaikan beberapa arahan penting untuk kemajuan dunia pendidikan di Provinsi Riau, khususnya untuk SMA/SMK dan SLB di Riau. 

Gubri menerangkan, sebagai kepala sekolah dan tenaga pendidik di satuan pendidikan, para kepala sekolah hendaklah mampu berinovasi, dan mampu meningkatkan kualitas dari satuan pendidikan tersebut sesuai dengan tingkatan sekolahnya. 

"Banyak hal yang bisa dikerjakan, yang kalau dilaksanakan ada perubahan. Kalau sekarang bapak ibu ada yang baru menjabat sebagai kepala sekolah, bisa memikirkan apa yang dibuat (inovasi), inovasi yang dibuat harus meningkatkan kualitas dari satuan pendidikan tersebut," ujarnya. 

Gubri Syamsuar menerangkan, salah satu indikator majunya sekolah dan satuan pendidikan adalah kualitas, baik itu sekolah swasta maupun negeri. 

Oleh karenanya, mantan Bupati Siak tersebut mengharapkan agar masa kepemimpinan kepala sekolah harus ada perbaikan di sekolah di mana dia menjabat. 

"Kalau kepala sekolah ingin berbuat, ingin bangga, kalau anak dari sekolah bapak ibu banyak yang berhasil. Setidaknya ada menjadi bagian amal ibadah yang dibuat untuk kebaikan. Pada akhirnya setelah bapak ibu pensiun itu, kalau muridnya berhasil ada kebanggaan," lanjutnya. 

Datuk Seri Setia Amanah tersebut melanjutkan, di setiap sekolah-sekolah juga penting untuk menerapkan dan mendukung digitalisasi. Sebab menurutnya, digitalisasi merupakan suatu hal yang urgent saat sekarang ini. 

Menurut Gubri, para guru yang ada di sekolah harus mampu meningkatkan kualitas SDM yang ada di sekolahnya sehingga mampu mengikuti kemajuan digitalisasi saat ini. 

"Jadi maksud saya, tidak bisa lagi tidak peduli terhadap digitalisasi, kita harus terus meningkatkan kualitasnya SDM ini. Oleh karena itu saya berharap digitalisasi ini harus didukung," terangnya. 

Disamping itu, Gubri juga meminta karakter budaya Melayu, adat istiadat, konsep pendidikan berkarakter kembali diajarkan di sekolah-sekolah di Riau. 

Sehingga nantinya lulusan sekolah di Riau terutama SMK/SMA tersebut menjadi lulusan yang berkualitas, serta beriman. 

"Konsep pendidikan karakter dan berakhlak harus diterapkan, bahaya narkoba, LGBT sedang mengancam generasi muda kita. Hal ini tolong dijaga, tolonglah ada rasa memiliki negeri ini, memiliki bangsa ini, mempersiapkan anak muda kita sebagai generasi emas," tutupnya.

 

 

 

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB