Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Pengajuan Tambahan Helikopter Water Boombing Riau Disetujui
Ilustrasi

PEKANBARU - Untuk melakukan pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang masih terjadi di beberapa wilayah di Riau. Tiga unit helikopter water boombing diturunkan untuk memadamkan api di tiga kabupaten di Riau.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal mengatakan, tiga daerah yang masih terjadi Karhutla yakni Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, dan Bengkalis.

"Untuk di tiga lokasi yang terjadi Karhutla yakni di Rokan Hilir, Pelalawan dan Bengkalis dilakukan pemadaman menggunakan helikopter water boombing," kata Edy Afrizal, Rabu (2/8/2023). 

Lebih lanjut dikatakannya, dikerahkannya helikopter water boombing ini dikarenakan lokasi di tiga wilayah tersebut cukup sulit untuk dijangkau tim satgas darat dalam memadamkan kebakaran lahan.

"Di Pelalawan itu dekat sungai Kampar, di Rohil jauh dari pemukiman, dan di Mandau Bengkalis itu cukup sulit untuk diakses sehingga diperlukan pemadaman menggunakan helikopter," ujarnya. 

Saat ini, pihaknya juga sudah mengajukan penambahan helikopter water boombing.  Usulan tersebut sudah disetujui pemerintah pusat, sehingga saat ini hanya tinggal menunggu dikirimkan ke Riau. 

"Kami masih menunggu kiriman satu unit helikopter water boombing lagi, saat ini helikopter tersebut masih menunggu sparepart. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera dikirimkan. Jika sudah datang, maka akan ada empat helikopter water boombing dan tiga unit helikopter patroli di Riau," sebutnya. 

(Mediacenter Riau/ms)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

Rabu, 24 April 2024 | 21:56:51 WIB