Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024
Menteri Investasi Serahkan NIB Kepada 650 UKM Perseorangan di Riau
Pemberian NIB kepada pelaku UKM Perseorangan di Riau.

PEKANBARU- Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 650 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UKM) perseorangan di Provinsi Riau. Hal ini bertujuan mempercepat legalitas berusaha bagi pelaku UKM perseorangan. 

Saat ini, proses pembuatan NIB dapat dilakukan tanpa datang langsung ke kantor instansi terkait karena hanya dengan menggunakan ponsel melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) Indonesia yang tersedia di Google Playstore dan Apple App Store. 

Atas hal tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengapresiasi Menteri Investasi,  Bahlil Lahadalia karena telah memberikan perhatian kepada UKM di Bumi Lancang Kuning. 

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengapresiasi bapak Menteri Investasi karena telah berkenan hadir di Riau untuk menyerahkan NIB bagi pelaku UKM di Provinsi Riau, semoga pelaku usaha bisa terbantu untuk pengembangan usahanya kedepan," kata Gubri di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau, Kamis (10/8/2023). 

Disampaikan Gubri, bahwa pelaku UKM atau UMKM di Bumi Lancang Kuning betul-betul bergerak, bahkan produknya bukan hanya nasional saja tetapi sudah sampai internasional. 

"Alhandulillah bahwa pak Menteri Bahlil hari ini dapat membantu para pelaku UKM yang ada di Riau dan langsung memberikan NIB. Semoga pelaku UKM tidak selama-lamanya mengjadi UKM tapi bisa berkembang menjadi pelaku usaha menengah hingga akhirnya menjadi pelaku usaha besar," harap Gubri. 

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengucapkan selamat kepada pelaku UKM peseorangan yang telah mendapatkan NIB, ia berharap hal tersebut dapat memberikan manfaat untuk kemajuan usaha kedepannya. 

Menteri Bahlil mengatakan, saat ini pelaku UKM tidak perlu mengurus perizinan ke kantor dinas, namun bisa melalui aplikasi OSS dan itu tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

"Saya tahu betapa susahnya bagi UKM mengurus perizinan, mulai dari regulasinya, dimintai biaya, hingga kesulitan lainnya. Namun kini, pemerintah memberikan kemudahan untuk memngurus perizinan berusaha yakni melalui OSS dan ini gratis untuk UKM," jelas Bahlil. 

Diketahui bahwa pelaku UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Namun, masih sedikit para pelaku UMK yang telah memiliki NIB. Untuk itu Bahlil menghimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan OSS untuk mengurus perizinan, sehingga semakin banyak pelaku UKM di tanah air yang bisa mendapatkan izin berusaha. 

"Mengurus perizinan melalui OSS ini gratis untuk UKM, manfaatkan ini," imbuh Bahlil. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )