Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024
Gubernur Syamsuar: Kemitraan Pelaku Usaha Besar dan UMKM Semakin Berkembang
Gubernur Riau Syamsuar.

PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melaporkan bahwa selama dua tahun terakhir sebanyak 798 pelaku UMKM telah bermitra dengan 22 pelaku usaha besar dengan nilai kesepakatan sebesar Rp33,7 miliar. 

Itu disampaikan Gubernur Syamsuar saat menghadiri pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada Pelaku UKM Perseorangan di Provinsi Riau, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau, Kamis (10/8/2023). 

Gubernur Syamsuar mengatakan bahwa geliat ekonomi pasca pandemi Covid-19 terus meningkat, itu sebagian besar ditopang oleh iklim investasi dan UMKM. Ia melihat UMKM di Riau betul-betul bergerak, bahkan tidak sedikit yang telah meluncurkan produk-produknya hingga internasional. 

"Pelaku UMKM di Riau betul-betul meningkat, bahkan produk usahanya bukan hanya sampai nasional saja tapi sudah sampai internasional," jelas Gubri. 

Gubernur Syamsuar juga menyampaikan bahwa setelah diterbitkannya Permen Investasi/BKPM Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan Dibidang Penanaman Modal antara Usaha Besar dengan UMKM di Daerah. 

Ia mengaku Pemprov Riau telah mendorong pelaku usaha besar untuk bermitra dengan UMKM. Sehingga, dalam dua tahun terakhir telah ada sebanyak 798 UMKM yang bermitra dengan 22 usaha besar dengan nilai kemitraan sebesar Rp33,7 miliar. 

"Dalam dua tahun terakhir telah ada sebanyak 798 UMKM yang bermitra dengan 22 usaha besar dengan nilai kemitraan sebesar Rp33,7 miliar. Nilai kesepakatan itu akan semakin meningkat dengan berkembangnya UMKM yang bermitra dengan pihak perusahaan," imbuhnya. 

Dalam kemitraan tersebut, Gubernur Syamsuar menyebut bahwa UMKM akan mendapatkan berbagai keuntungan, contohnya mulai dari mendapatkan bimbingan hingga memperhatikan kemasan produk. 

"Kami terus menggerakkan apa yang diharapkan oleh Menteri Investasi, sehingga kedepan tentunya banyak UMKM yang mendapatkan dukungan dari kemitraan dengan pelaku usaha besar yang ada di Riau," pungkas Gubri.

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )