Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Karhutla di Riau Padam, Tersisa Dua Daerah Lagi 
ilustrasi

PEKANBARU - Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Riau membawa berkah dalam pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sejumlah wilayah yang sebelumnya sempat ditemukan Karhutla saat ini sudah padam.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur, Jumat (11/9/2023) mengatakan, saat ini masih ada dua daerah yang dilanda Karhutla. Yakni Kabupaten Indragiri Hulu dan Pelalawan. 

"Sekarang masih proses pemadaman dari darat dan dari udara dengan heli water boombing," katanya. 

Jim menjelaskan, kebakaran di Pelalawan ditemukan di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui. Sedangkan di Inhu ditemukan di Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gangsal, Inhu.

"Yang di Inhu ini titik apinya muncul sore kemarin, begitu dapat laporan, petugas langsung diturunkan ke lokasi dan saat ini masih proses pemadaman," ujarnya. 

Sedangkan yang di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui sudah berlangsung dua hari. Meski di lokasi ini sebelumnya api sempat padam, namun saat ini muncul kembali.

"Iya, yang di Desa Lubuk Kembang Bunga ini kemarin sudah padam, kebetulan ada hujan disana kan, tapi hari ini muncul lagi apinya," katanya.

Melihat kondisi cuaca di Riau yang cukup panas dan kering, pihak mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.  

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembagan membuang puntung rokok yang masih menyala bara apinya. Apalagi saat berada di kebun, tanah kosong atau di hutan.

"Yang hobi mancing ikan juga, kan biasa ada yang buat api untuk bakar-bakar ikan atau api unggun, itu juga harus hati-hati. Pastikan apinya dipadamkan sampai padam semua baru ditinggal pulang, jangan ditinggal begitu saja, itu bisa juga berpotensi terjadinya kebakaran lahan," ujarnya. 

 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB