Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
BMKG Pekanbaru Rilis Prakiraan Cuaca dan Hotspot Provinsi Riau, Sabtu 12 Agustus 2023
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca dan potensi hotspot untuk Provinsi Riau pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Mia mengatakan berdasarkan prakiraan BMKG, pada pagi hari, sebagian wilayah Provinsi Riau, termasuk Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, dan Dumai, diperkirakan akan mengalami cuaca berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.

Sementara itu, siang hari dijadikan oleh BMKG sebagai cuaca cerah berawan hingga berawan di beberapa wilayah, seperti Kampar, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Siak, Dumai, dan Pekanbaru. 

"Meskipun demikian, potensi hujan ringan hingga sedang masih dapat terjadi di wilayah tersebut," kata Mia.

Pada periode sore hingga malam hari, cuaca cerah berawan hingga berawan juga diharapkan dominan di sebagian wilayah Bengkalis dan Kepulauan Meranti, dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang tetap perlu diwaspadai.

Mengenai peringatan dini, BMKG menekankan kewaspadaan terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Wilayah-wilayah seperti Kota Dumai, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kepulauan Meranti perlu mewaspadai fenomena cuaca ini terutama pada pagi dan siang hari," imbaunya.

Adapun suhu udara di Provinsi Riau diprakirakan akan berkisar antara 24.0 hingga 33.0 °C, dengan kelembapan udara yang bervariasi antara 55 hingga 98 persen. Angin dominan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 10 hingga 25 km/jam.

BMKG juga memberikan informasi terkait prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau, yang diperkirakan akan memiliki tinggi gelombang berkisar antara 0.5 hingga 1.25 meter (Rendah).

Dalam keterangan lebih lanjut, BMKG juga mencatat jumlah hotspot di sejumlah wilayah di Sumatera. Total hotspot di Sumatera mencapai 351 titik, dengan sebaran hotspot di berbagai provinsi seperti Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, dan Riau.

Khusus di Riau ada 82 titik, yaitu Bengkalis dan Rokan Hilir masing-masing 1 titik, Kuantan Singingi 2, Pelalawan 9, Indragiri Hilir 3 dan terbanyak Indragiri Hulu 66.

"BMKG mengimbau masyarakat dan pihak terkait untuk tetap memantau perkembangan cuaca dan informasi terbaru melalui kanal resmi BMKG," tukasnya. 

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB