Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024
Direktur KKP Puji Gubri Syamsuar Peduli Laut Riau
Gubernur Riau Syamsuar (kiri) menyerahkan bantuan 370.000 ekor benur udang vanamei kepada kelompok petambak di Riau, pada Sabtu (12/8/2023).

DUMAI - Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Yusuf SHut, MS memuji perhatian khusus Gubernur Riau (Gubri) terhadap pelaksanaan Gerakan National (Gernas) Bulan Cinta Laut (BCL). Menurutnya, Gubri Syamsuar adalah gubernur pertama yang berperan aktif pada Gernas BCL 2023.

"Kami mengapresiasi Gubernur Riau yang mau langsung turun dalam program kementerian ini. Beliau adalah gubernur pertama yang turun langsung dalam kegiatan bulan cinta laut," ungkap M Yusuf, pada pelaksanaan Gernas BCL di Dumai, Sabtu (12/8/2023) pagi. 

M Yusuf juga menyatakan kebahagiaan saat berkunjung ke Kota Dumai, Provinsi Riau. "Saya sangat senang saat turun di Kota Dumai ini, yang mana langsung disambut oleh gubernur dan jajarannya. Saya yakin, jika pemimpinnya peduli akan laut, masyarakatnya akan lebih peduli terhadap laut," tuturnya .

Dikatakannya, Bulan Cinta Laut (BCL) menjadi inisiatif penting yang bertujuan mengurangi sampah plastik di laut, terutama di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Dengan dukungan dan keterlibatan langsung dari pemimpin daerah seperti Gubernur Riau, pihaknya berharap program ini akan lebih efektif dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian laut. 

Sementara, Gubri Syamsuar menyampaikan, Gernas BCL merupakan kegiatan membersihkan sampah-sampah dilaut. Dalam Gernas ini, para nelayan ikut berkontribusi menangani sampah dilaut. 

"Laut adalah sumber kehidupan, sumber kesejahteraan. Di sini ada sumber daya ikan yang menjadi konsumsi manusia. Maka itu, kita butuhkan ikan yang dikonsumsi masyarakat adalah ikan yang sehat," jelasnya. 

Lebih lanjut disampaikan, Gernas BCL diharapkan dapat menggerakkan stakeholder dan pihak yang memanfaatkan laut. Lalu, Gubri menegaskan agar tidak menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah, sebagai upaya menjaga biota laut. 

"Kita tidak ingin biota laut punah disebabkan adanya pembuangan limbah ataupun sampah yang akan mengganggu kerusakan lingkungan yang ada di laut. Kita juga mengkonsumsi ikan-ikan dilaut ini, jika sampah-sampah ini dibiarkan pada akhirnya akan mempengaruhi tubuh kita yang tidak sehat," ujarnya. 

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB

Riau Terpantau Nihil Karhutla saat Libur Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 | 13:18:34 WIB