Sabtu, 14 Muharram 1446 H | 20 Juli 2024
Kumpulkan 2 Ton Sampah Laut, Gubri Syamsuar Serahkan Bantuan untuk Nelayan
Gubernur Riau Syamsuar (kiri) memberikan bantuan untuk nelayan di Kota Dumai, Riau, pada Sabtu (12/8/20238/).

DUMAI - Dalam acara Gerakan Nasional (Gernas) Bulan Cinta Laut (BCL) di Riau sebanyak 75 nelayan teraktivasi berhasil mengumpulkan 2 ton lebih sampah di laut Dumai. Sampah-sampah itu, lalu dipisahkan berdasarkan jenis sampah yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar langsung merespons aksi tersebut. Ia menyerahkan penghargaan beserta bantuan kepada 10 nelayan teraktif, berdasarkan hasil berat  timbangan sampah yang telah dikumpul nelayan. 

Adapun bentuk bantuan yang diberikan yaitu 75 paket sembako, 660 liter minyak goreng, 75 live jacket, 10 timbangan, 100 karung sampah berukuran satu ton, serta kaos dan topi sebanyak 15 pcs. 

Gubri berharap kontribusi nelayan terhadap sampah laut dapat berkelanjutan. Hal itu, sebutnya, demi menjaga kesehatan lingkungan. 

"Saya berharap pengumpulan sampah ini tidak hanya gencar dilakukan selama Gernas BCL ini saja. Namun, dapat berkelanjutan, karena hal ini demi kepentingan kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat," kata Gubri Syamsuar, di lokasi acara, pada Sabtu (12/8/2023). 

"Untuk menyelamatkan negara dan rakyat ini butuh kepedulian kita bersama, butuh rasa cinta terhadap negeri. Maka mari kita jaga, terutama cinta kepada laut kita," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Mantan Bupati Siak dua periode itu sampaikan, plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi masyarakat. Karena plastik terbuat dari bahan yang tidak ramah lingkungan dan sulit untuk didaur ulang. Sehingga, berpotensi untuk menimbulkan pencemaran lingkungan dan sulit untuk di daur ulang. 

"Untuk mengendalikan penggunaan produk berbahan plastik dan menekan volume sampah plastik perlu dilakukan. Maka itu kita buat Pergub nomor 50 tahun 2019 tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau," Kata Gubri. 

Gubri Syamsuar mengharapkan pihak perusahaan, nelayan, serta masyarakat peduli dengan menjaga kondisi laut, untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar. Pada kesempatan itu, Gubri juga menyerahkan penghargaan kepada 11 mitra pendukung Gernas BCL. Kemudian, 370.000 ekor benur udang Vanamei kepada kelompok petambak di Provinsi Riau.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Kapolres Dumai Razia HP Anggota Terkait Judi Slot

Rabu, 03 Juli 2024 | 17:04:42 WIB