Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024

PEKANBARU - Sebanyak 1.283 Aparatur Sipil Negara (ASN) ruang lingkup Pemerintah Provinsi Riau menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya. Penghargaan atas dedikasi tersebut diserahkan oleh Gubernur Syamsuar yang diwakili Plt. Asisten III Setdaprov Riau, Aryadi.

Dikatakan Plt. Asisten III, Aryadi bahwa tanda kehormatan bagi ASN ini diberikan oleh Presiden RI, Jokowi. Hal ini merupakan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dan dimaksudkan sebagai pendorong untuk meningkatkan pengabdian serta prestasi kerja sehingga dapat dijadikan teladan bagi aparatur sipil negara lainnya.

“Tanda kehormatan ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia kepada aperatur negara yang telah berjasa dalam melaksanakan tugasnya. Di mana senantiasa menunjukkan kesetiaan pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan selama bekerja di Republik Indonesia khususnya di pemerintah provinsi Riau dengan masa kerja 10,20, dan 30 tahun secara terus-menerus mengabdi terhadap negara Republik Indonesia,” katanya di Gedung Pauh Janggi, Komplek Kediaman Gubernur, Pekanbaru, Selasa (15/08/2023).

Dia menjelaskan, Satyalencana tersebut merupakan satu diantara upaya pembinaan dan pengembangan pegawai serta menjadikan bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia. Aryadi menambahkan, setelah menerima anugerah ini ASN Pemprov Riau dapat berkontribusi besar dalam melaksanakan fungsi pemerintahan, pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat serta pembangunan yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu tuntutan dan harapan masyarakat yang dibebankan kepada kita hendaklah kita sikapi dengan  bijaksana sejalan dengan perkembangan teknologi. Kemudian, tidak mengenal batas ruang dan waktu akan sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat. Sehingga setiap masyarakat menyadari akan hak untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas cepat, tepat waktu, dan semakin hari terus meningkat,” jelasnya.

Dirinya berharap, seorang aparatur negara dapat memberikan teladan atau pelopor dalam melakukan suatu pembaharuan. Terutama berkenaan dengan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

“Memang tidaklah mudah untuk melakukan semua ini. Namun, sebagai aparatur kita harus siap melakukan yang terbaik untuk kemajuan bangsa ini, peran aparatur negara sebagai fasilitator dengan mengedepankan pelayanan publik yang baik cepat cepat dan profesional untuk tercapaian tujuan tersebut kita harus mampu merubah pandangan negatif masyarakat terhadap perilaku dan keberadaan aparatur sistem negara dan selama ini dianggap kurang profesional.” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengungkapkan dasar hukum penganugerahan ini yaitu undang-undang nomor 20 tahun 2009 tentang gelar tanda jasa dan tanda kehormatan. Kemudian, peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2010 tentang dewan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan.

“Selanjutnya, Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2010 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 20 tahun 2009 tentang gelar tanda jasa dan tanda kehormatan. Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan penerima tanda kehormatan ini untuk periode Agustus tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau sebanyak 1.283 orang. Peserta hadir saat ini berjumlah 90 ASN yang merupakan perwakilan dari ribuan pegawai.

“Total penerimaan semuanya ada 1.283 ASN. Yang mana mengikuti acara ini adalah perwakilan dari penerima sebanyak 90 orang yang terdiri dari penerima 30 tahun sebanyak 30 orang, penerima 20 tahun sebanyak 30 orang, penerima 10 tahun sebanyak 30 orang," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB