Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Bangsa yang Besar Adalah yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya
Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution saat memberikan sagu hati kepada veteran.

PEKANBARU- Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pernah mengungkapkan bahwa "Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya."

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution saat ramah tamah dengan perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan wredatama, warakawuri angkatan 45 di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (15/8/2023). 

Serangkaian dengan ramah tamah tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga memberikan sagu hati kepada 347 veteran se Provinsi Riau dengan masing-masing mendapatkan Rp1.500.000. 

Wagubri memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penjuang bangsa yang telah berjuang mengabdikan diri dalam sejarah pembangunan Indonesia, tidak terkecuali Riau. 

"Apa yang sudah bapak-ibuk (para pejuang)  lakukan untuk negeri ini adalah contoh nyata betapa pengorbanan menjadi kekuatan utama yang menginspirasi para generasi penerus saat ini. Kita tidak akan pernah memenangkan apapun selama tidak ada hal yang dikorbankan," jelas Wagubri. 

Veteran, sebut Edy Nasution, merupakan pejuang yang berperan secara aktif melawan penjajah membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan sekuat tenaga untuk satu tujuan yaitu mempertahankan kedaulatan NKRI. 

Sebagai Bangsa yang besar, berbudaya, menjunjung tinggi nilai luhur yang telah menikmati hasil dari perjuangan para pejuang sebelumnya, menurut Wagubri, sudah selayaknyalah pemerintah ataupun generasi muda saat ini memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pejuang atas semua pengorbanan yang sudah dilaksanakan selama ini. 

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," ujar Edy Nasution saat mengutip perkataan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. 

Wagubri berharap Allah SWT membantu ikhtiar semua pejuang bangsa, pemerintah, TNI/Polri, hingga masyarakat dalam melindungi tanah Melayu Riau, menjadikannya wilayah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, dan senantiasa memberikan keberkahan bagi setiap warganga. 

"Kami segenap masyarakat Riau mengucapkan terimakasih kepada perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan wredatama, warakawuri angkatan 45 atas dedikasi dan sumbangsih yang tidak ternilai bagi bangsa dan negara ini," tutup Wagubri. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )