Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Hadiri Wisuda Santri Ponpes Salafiyah, Ini Pesan Gubri Syamsuar

ROHIL- Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si, menghadiri Wisuda Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Angkatan III dan IV Tahun 2023, Senin (21/08/2023). Pompes yang berada di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir (Rohil), ini di bawah naungan Yayasan Al-Asasiyyah.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar juga meresmikan Gedung Asrama Putri Panti Asuhan Pondok Pesantren Salafiyah. Tampak Gubri Syamsuar duduk berselimput bersama pengurus Ponpes, dan kegiatan ini diawali dengan tari persembahan lima santri putri.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes Salafiyah Haji Ibrahim Ahmad, mengucapakan terimakasih banyak kepada Gubernur Riau Syamsuar berkenan hadir pada wisuda ini, tahun sebelumnya Pak Syamsuar juga hadir pada wisuda Pompes Salafiyah angkatan I dan II tahun 2021.

"Peletakan batu pertama Ponpes ini, Gubernur Riau Pak Syamsuar juga hadir dan beliaulah yang melakukan peletakan batu pertama. Alhamdulillah, ini adalah nikmat yang luar biasa yang kami rasakan," ungkap Haji Ibrahim.

Haji Ibrahim menjelaskan, bahwa santri yang dipimpinnya adalah anak panti asuhan dan mereka menuntut ilmu di sini semuanya gratis.

"Masih ada harapan kita untuk mewujudkan istana anak yatim dan dhuafa di Rokan Hilir ini," katanya. 

Tahun depan, kata Haji Ibrahim, ada empat program Pompes yang sudah disiapakan, yakni program santri masuk pukul 07.30 WIB, dan sehabis Ashar santri diperbolehkan pulang ke rumah. Program ini dalam upaya mencari solusi keluhan warga yang anaknya tidak mau mondok namun mau menuntut ilmu di Ponpes ini. 

Selanjutnya, sambung Haji Ibrahim, menjalankan program subsidi silang, yang mampu membayar sesuai kemampuannya. 

"Program berikutnya sistem seleksi, bagi yang berprestasi gratis dan diberikan uang saku. Dan program mengratiskan para santri yang tidak mampu untuk menuntuk ilmu di Pompes ini tetap dijalankan," ujar Haji Ibrahim.

Terakhir, Haji Ibrahim, membeberkan Wisuda Santri Pondok Pesantren (Pompes) Salafiyah Angkatan III dan IV sebanyak 13 santri, masing-masing 8 laki-laki dan sisanya perempuan.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada enam santri terbaik dari berbagai katagori, dengan mengalungkan selempang dan sagu hati kepada masing-masing santri.

"Tak ada kebetulan, pada tanggal 21 Agustus 2021 lalu saya datang ke sini meletakan batu pertama Pompes, hari ini tanggal 21 Agustus juga, saya hadir di sini. Ini semua adalah takdir dan kuasa Allah," kata Syamsuar dalam sambutanya. 

Dulu, jelas Syamsuar, Pompes ini biasanya dan sekarang sudah sangat luar biasa. "Yakinlah, Pompes ini akan maju karena dikelola orang-orang sholeh, Insya Allah program yang akan direncanakan bisa terlaksana," ujar Syamsuar. 

Gubri Syamsuar juga berpesan, jika melakukan sesuatu maka lakukanlah dengan keiklasan.

"Jika berinfat maka luruskan nawaitu karena Allah bukan mencari populeritas, sehingga infat kita itu bernilai pahala. Pada kesempatan ini saya juga mengucapakan selamat atas di wisudanya para santri, semoga ilmunya berguna dan dapat melanjutkan pendidikannya," ujar Gubri Syamsuar. 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Cek Kesiapan TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 18:42:10 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Rohil

Kamis, 25 Januari 2024 | 15:49:43 WIB

Polres Rohil Siap Bantu Disabilitas Mendatangi TPS

Senin, 08 Januari 2024 | 17:09:01 WIB

Sambil Gowes 10 Km, Polisi Rohil Sosialisasi Pemilu

Senin, 01 Januari 2024 | 17:25:07 WIB