Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
Masrul Kasmy: UMKM Memiliki Kontribusi Signifikan Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Ekspor Halal Provinsi Riau Komite Daerah Ekonomi Dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau Tahun 2023.

PEKANBARU- Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy resmi membuka Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Ekspor Halal Provinsi Riau Komite Daerah Ekonomi Dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau Tahun 2023 di Grand Central Hotel Pekanbaru, Rabu (23/8/2023) 

Dalam kegiatan itu, Masrul Kasmy menyebut bahwa UMKM merupakan pelaku usaha terbesar dalam rantai nilai halal, sehingga penguatan sektor UMKM akan secara langsung memperkuat industri halal dan mendorong pencapaian indikator atau capaian utama, baik pemerataan, kesejahteraan, dan juga kemandirian ekonomi. 

"UMKM juga memiliki kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya. 

Kontribusi tersebut, lanjut Masrul, tercermin dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan peningkatan produksi sebagai jaringan ketahanan ekonomi nasional. 

Lebih jauh Masrul Kasmy menyebutkan, saat ini kegiatan usaha UMKM berkontribusi terhadap pertumbuhan PDB Indonesia yang mencatat kenaikan sebesar 5 persen dengan kontribusi UMKM sebesar 61,7 persen dari PDB nasional dan 97,02 persen terhadap serapan lapangan pekerjaan. 

"Namun, kontribusi UMKM terhadap ekspor Indonesia baru sebesar 14,37 persen. Jika dibandingkan secara global, ekspor produk halal Indonesia saat ini baru berkisar 3,8 persen dari total pasar produk halal dunia," imbuhnya. 

Potret UMKM nasional dalam perekonomian, sebut Masrul, tidak akan jauh berbeda di Provinsi Riau. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan skala bisnis UMKM memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan diperlukan upaya strategis untuk pengembangan dan perluasan kegiatan bisnis UMKM kedepannya. 

"Di samping itu, juga perlu adanya rencana strategis lain untuk meningkatkan skala usaha menengah dan usaha besar lainnya," pungkas Masrul Kasmy. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )