Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Universitas Riau Launching Program Wirausaha Merdeka 2023

PEKANBARU - Universitas Riau (UNRI) kembali membuka kesempatan untuk mahasiswa yang ingin belajar berwirausaha lewat program Wirausaha Merdeka yang merupakan bagian dari Kampus Merdeka. Kegiatan ini digelar di Hotel Royal Asnof, Pekambaru, Rabu (23/08/2023).

Agenda tersebut diikuti oleh 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Provinsi Riau. Program Wirausaha Merdeka ini bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan yang diperlukan untuk memulai bisnis mereka sendiri. 

“Peserta program wirausaha Merdeka Universitas Riau tahun 2023 ini ada sekitar 400 mahasiswa. Kegiatan ini merupakan suatu kebahagiaan dan anugerah untuk kita semua dengan adanya kegiatan ini akan kita harapkan akan membentuk jiwa enterpreneurship bagi generasi muda kita,” ucap Wakil Rektor IV UNRI Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Dr. Ir. Sofyan Husein Siregar.

Dikatakan, kurikulum Merdeka tentunya bukan sekedar meningkatkan kompetensi akademik dan non akademik mahasiswa. Tetapi yang tidak kalah pentingnya dari program kurikulum merdeka adalah dicapainya kompetensi dalam aspek kognitif, keterampilan, sikap, serta karakter dan kepribadian yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

“Tentunya amanah ini menjadi penyemangat kita untuk berusaha mengembangkan program kewirausahaan ini demi lahirnya enterpreneur muda di masa depan. Program wirausaha Merdeka ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam perjalanan akademiknya selama mengikuti masa perkuliahan di perguruan tinggi,” katanya.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang merdeka dalam belajar diharapkan mampu menyumbangkan keahlian mereka bagi masyarakat. Dalam hal ini kegiatan kemahasiswaan berperan besar dalam mewujudkan kampus merdeka.

“Dengan demikian pembinaan kegiatan mahasiswa diarahkan pada perkembangan potensi mahasiswa sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa berakhlak mulia berilmu cakap kreatif terampil kompeten dan berbudaya,” jelasnya.

Sementara melalui virtual, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim berharap dari kegiatan ini menjdi bekal yang sangat berharga untuk merintis bisnis dan membuka lapangan kerja. Kemudian, bermanfaat juga untuk para mahasiswa dan lingkungan sekitarnya. 

Nadiem menambahkan, program ini juga diharapakan menjadi pendukung pencapaian target nasional 1 juta wirausaha muda di tahun 2024. Untuk itu, dirinya berpesan kedepannya agar dapat disambut oleh lebih banyak mahasiswa dan perguruan tinggi untuk terlibat pada program tersebut.

“Lahirnya generasi wirausaha muda yang kreatif dalam berkarya dan berinovasi adalah kunci utama mengakselerasi kemajuan di negara kita. Kesempatan yang baik ini saya harap agar dapat disambut oleh lebih banyak mahasiswa dan perguruan tinggi untuk terlibat pada program wirausaha merdeka,” harapnya.

“Untuk itu, mari kita melahirkan generasi baru wirausaha muda Indonesia dengan bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka.” pungkas Nadiem.

(bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB