Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024

KUANSING - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengharapkan agar Festival Pacu Jalur yang diselenggarakan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) jadi momen kebangkitan sektor UMKM di Kuansing. 

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Festival Pacu Jalur 2023 di Lapangan Limuno Kota Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Kabupaten Kuansing, Rabu (23/8/23). 

"Fetival Pacu Jalur Tradisional 2023 dinyatakan resmi dibuka. Semoga Festival Pacu Jalur dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM, ujarnya. 

Sekdaprov Riau itu melanjutkan, pacu jalur merupakan tradisi yang serat akan nilai sejarah, di mana tradisi mulai dari menebang pohon, maelo jalur, hingga membuat jalur, yang dilakukan dengan ritual khusus dengan acara adat yang sakral. 

Kemudian terangnya, tradisi pacu jalur merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan, ditunggu setiap tahun oleh masyarakat Riau, khususnya masyarakat Kuansing. 

Sebab event pacu jalur memiliki fungsi kultural, edukatif, ideologi, solidaritas sosial dan kekeluargaan. Nilai-nilai yang harus dijaga dan dibangun secara kokoh dengan menanamkan kearifan lokal sejak dini kepada generasi muda sebagai bagian Warisan Budaya Tak Benda asli Indonesia. 

"Dengan dihelatnya Festival Pacu Jalur ini menjadi momen yang tepat menggiatkan perekonomian masyarakat di Kuansing," tarangnya. 

SF Hariyanto menjelaskan, karena adanya Festival Pacu Jalur tersebut, tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

Maka dari itu menurutnya, perlu ditingkatkan lagi potensi yang ada di masyarakat, terutama sektor UMKMnya. Sebab kegiatan tersebut mampu menarik ribuan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Festival Pacu Jalur merupakan hasil budaya dan karya khas yang merupakan perpaduan antara unsur olahraga seni, dan olah batin sehingga festival pacu jalur ini menjadi budaya terbaik Indonesia," ungkapnya. 

Menurut SF Hariyanto, masyarakat Riau khusunya masyarakat Kuansing patut bangga, karena Festival Pacu Jalur telah banyak diikuti peserta mancanegara. 

Oleh karena itu dia berharap agar tradisi Festival Pacu Jalur ini dapat terus dijaga dan dilestarikan. 

Kepada semua pihak yang hadir memeriahkan kegiatan tersebut, SF Hariyanto juga mengharapkan agar ketertiban, keamanan dan kebersihan dapat terus dijaga, supaya event ini bisa tetap dilaksanakan dan disaksikan di tahun-tahun mendatang. 

"Harapan kita event ini bisa mendatangkan wisatawan domestik juga mancanegara yang bisa memberikan multiplayer effect bagi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dan Riau umumnya," tutupnya.

 

 

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bawaslu Kuansing Buka Posko dan Hotline Pengaduan

Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:18:00 WIB

Kunker ke Kuansing, Gubri ajak Masyarakat Salat Berjamaah

Sabtu, 09 Desember 2023 | 08:14:48 WIB

Remaja di Kuansing Tenggelam di Sungai Indragiri

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 07:12:00 WIB