Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024
Niat Ibadah Haji, Pasutri Penjual Martabak Gowes Ribuan Kilometer
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar (dua dari kiri) menyambut hangat Arif Mulyono dan istrinya Nurlaeli di Kediaman Gubri, Pekanbaru, pada Sabtu (26/8/2023) malam.

PEKANBARU - Pasangan suami istri (Pasutri) asal Purbalingga, Jawa Tengah, bertekad tunaikan ibadah haji dengan bersepeda. Dalam perjalanan menuju Makkah, pasutri itu sempat singgah di kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. 

Pasutri bernama Arif Mulyono dan istrinya Nurlaeli itu tiba di rumah dinas Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, pada Sabtu (26/8/2023) malam. Mereka telah menempuh perjalanan ribuan kilometer dari kampung halamannya. 

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyambut hangat dua pesepeda ini. Ia mengaku takjub melihat ketangguhan sejoli dari kota yang dijuluki "Perwira" ini (Pengabdian, Ramah, Wibawa, Iman, Rapi, dan Aman). 

Kisah perjalanan suami istri yang berprofesi penjual martabak ini bagaikan pelecut kesadaran bagi orang yang memiliki harta yang cukup serta badan yang sehat. Di mana justru mereka belum memiliki niat untuk melaksanakan ibadah haji.

"Ini luar biasa, adapun kita uang agar bisa mendaftar haji plus, belum tentu juga ada niat untuk berangkat. Harta yang banyak dan badan yang sehat bukan suatu yang menjamin kita akan sampai ke Makkah untuk berhaji. Ikhtiar yang besar ini semoga dimudahkan allah," ujar Syamsuar.

Orang nomor satu di Provinsi Riau itu mendoakan agar Arief dan Nurlaeli selalu sehat dan bisa melaksanakan ibadah haji sehingga menjadi haji yang mabrur. Ia juga menitip doa, agar Indonesia selalu diberikan keberkahan. 

"Mudahah-mudahan [Arief dan Nurlaeli] mendapat haji yang mabrur, kami doakan semoga perjalanannya lancar. Kami titip doa kepada bapak ibu, doakan negeri kita ini aman dan tentram, serta doakan semoga Allah berikan hal-hal yang terbaik untuk kemajuan Indonesia," ucap Syamsuar. 

Kebulatan hati yang besar membuat Arif dan Nurlaeli optimistis bisa sampai ke baitullah pada musim haji 2024 mendatang. Kendati mereka harus menggowes sepeda ribuan kilometer atau sekitar 8 bulan hingga tiba di tanah suci. 

Pasutri ini juga telah mempersiapkan paspor obat-obatan, tenda, kompor portable, dan dokumen lainnya. Alasan memilih sepeda, lantaran mereka tak mau ikut antrean lama, jika melaksanakan ibadah haji sesuai jadwal pemerintah. 

Tekad Arief dan Nurlaeli sudah bulat. Untuk memenuhi rukun Islam kelima itu, mereka telah menabung puluhan tahun dari hasil penjualan martabak. 

Dari tanah kelahiran Pahlawan Revolusi Nasional Indonesia, Jenderal Soedirman, mereka bersemangat mengayuh sepeda hingga bisa melihat Ka'bah di Masjidilharam.  

Disampaikan Arif, selain persiapan fisik, ia juga sudah cukup lama mencari informasi mengenai syarat-syarat dan dokumen yang harus disiapkan untuk gowes lintas negara. Lalu, ia juga banyak mendapat informasi terkait tempat-tempat bermalam saat ia diluar negeri nanti.

"Untuk kelengkapan dokumen kita cari tau informasinya dan minta bantuan teman. Kalau untuk bermalam, kami menumpang bersama komunitas sepeda, menginap di masjid, kantor polisi, dan kantor-kantor kelurahan," kata Arif seraya menjelaskan kepada Gubri Syamsuar.

Setelah dari Kota Pekanbaru, Riau, Arief dan Nurlaeli akan menuju Kota Batam. Lalu perjalanan selanjutnya, mereka akan bersepeda melintasi negara Singapura, Thailand, Myanmar, Uni Emirat Arab, hingga Makkah. Diperkirakan pasutri dari kota penghasil produk knalpot itu, akan tiba di Makkah dua bulan menjelang musim haji tahun 2024 mendatang.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB

Riau Terpantau Nihil Karhutla saat Libur Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 | 13:18:34 WIB