Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Pacu Jalur 2023 Resmi Ditutup, Gubernur Riau Syamsuar Berikan Bonus Untuk Sang Juara
Gubernur Riau Syamsuar menggunakan speedboat, menyapa masyarakat yang hadir menyaksikan Final Pacu Jalur di Sungai Kuantan, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu (28/8/2023) petang.

KUANSING - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri penutupan Festival Pacu Jalur Tradisional 2023. Final kegiatan ini berlokasi di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Minggu (27/08/2023) petang. 

Jalur (perahu) Tuah Keramat Bukit Embun dari Desa Gumanti, Indragiri Hulu (Inhu) meraih juara 1 pacu jalur 2023. Kemudian, disusul jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau. Lalu selanjutnya, juara 3 jalur Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo. 

Dikatakan Gubri Syamsuar, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Riau, sangat mengapresiasi kegiatan olahraga yang dibalut dengan atraksi seni dan budaya itu. Sehingga, pihaknya selalu mendukung pelaksanaan event yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. 

“Kami dari Pemerintah Provinsi Riau selalu mensupport kegiatan ini, seperti sekarang ada bantuan dan bonus yang kami berikan,” katanya.

Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata memberikan dukungan hadiah untuk jalur pemenang juara I, II dan III. Dengan total hadiah Rp180 Juta. Di mana untuk juara I sebesar Rp70 Juta, juara II Rp60 Juta dan juara III Rp50 Juta.

Kemudian, secara spontan Gubernur Syamsuar juga memberikan bonus untuk tim pemenang. Juara 1 Tuah Keramat Bukit Embun mendapat Rp10 juta dan Juara 2 Cakaran Garuda Muda memperoleh Rp5 juta. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan lima unit sepeda untuk penari pacu jalur terbaik. 

“Saya melihat meriah ya tahun ini, tentu selamat untuk pemenang dan masyarakat Kuansing yang telah melaksanakan kegiatan pacu jalur,” jelasnya.

“Semoga di masa yang akan mendatang tetap berlanjut dan mudah-mudahan akan lebih ramai lagi. Saat ini banyak saya melihat tidak hanya wisatawan dari Riau saja, namun ada dari daerah lain juga,” ucapnya. 

Gubri Syamsuar berharap, momentum tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi Riau baik di kancah Nasional maupun Internasional. Sehingga, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan perekoniman masyarakat. 

"Ya harapan saya, dari kegiatan pacu jalur ini makin banyak lagi masyarakat berkunjung ke daerah kita ini. Sehingga, dari sini semoga ekonomi masyarakat juga semakin meningkat dan semakin sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk para atlet dan saya harap terus berlatih, sehingga tahun depan kita bertemu lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan penutupan event pacu jalur, Gubernur Syamsuar bersama Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menyapa seluruh masyarakat dengan menaiki speadboat. Riuh puluhan ribu penonton menyambut kedatangan dua kepala daerah itu. Mereka saling melambaikan tangan di tepian Narosa.

Pantauan Media Center Riau, sorak sorai dari tribun terdengar memangil Gubernur Riau dan Bupati Kuansing. Banyak masyarakat yang rebutan ingin berswafoto dengan pemimpin itu.

Pacu jalur merupakan tradisi yang sarat akan nilai sejarah. Jalur dalam bahasa daerah Kuansing diartikan sebagai sampan atau perahu yang panjang. Pada tahun ini Festival Pacu Jalur dihelat mulai 23 hingga 27 Agustus 2023 yang diikuti oleh 193 jalur, baik dari Kabupaten Kuansing maupun jalur dari kabupaten lain yang ada di Riau. 

Apdapun juara 1 sampai dengan juara 15 pada event pacu jalur 2023 Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi Riau:

1. Tuah Keramat Bukit Embun

2. Cakaran Garuda Muda

3. Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo

4. Bintang Emas Cahaya Intan

5. Olang Buas

6. Upae Saghok Ghimbo Dusun

7. Selendang Putie Bukit Keramat

8. Tanjung Ghasau Benteng Betuah

9. Alam Cahayo Tuah Nagoghi

10. Seroja Indah Rawang Duri

11. Langkah Siluman Buayo Danou Sitorajo

12. Siposan Rimbo Gangean

13. Singa Kuantan 

14. Batu Hijau Tuah Negeri

15. Rajo Rimbo Kumayang

(bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bawaslu Kuansing Buka Posko dan Hotline Pengaduan

Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:18:00 WIB

Kunker ke Kuansing, Gubri ajak Masyarakat Salat Berjamaah

Sabtu, 09 Desember 2023 | 08:14:48 WIB

Remaja di Kuansing Tenggelam di Sungai Indragiri

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 07:12:00 WIB