Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Pacu Jalur 2023, Tuah Keramat Bukit Embun Raih Piala Kemenparekraf
Jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau VS Jalur Tuah Keramat Bukit Embun Indragiri Hulu (Inhu) .

PEKANBARU - Jalur Tuah Keramat Bukit Embun Indragiri Hulu (Inhu) meraih juara 1 pacu jalur 2023. Tim jalur tersebut, berhak membawa pulang Piala bergilir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023. 

Sementara, target Jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau untuk menembus final juga tercapai. Namun, tim Jalur Cakaran Garuda Muda KONI berada di posisi runner up atau posisi kedua. Setelah partai final Pacu Jalur tim KONI harus mengakui ketangguhan atas Jalur Tuah Keramat Bukit Embun Inhu. 

Festival Pacu Jalur yang diselenggarakan di Sungai Kuantan, Tapian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, ditutup oleh Gubernur Riau Syamsuar, pada Minggu (27/8). Event ini disaksikan oleh puluhan ribu penonton, baik dari masyarakat Kuansing, wisatawan dalam negeri dan luar negeri. 

Gubri Syamsuar berharap, momentum tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi Riau baik di kancah nasional maupun internasional. Sehingga, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan perekoniman masyarakat. Pemprov Riau sendiri mendukung penuh event Pacu Jalur yang juga termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. 

"Ya harapan saya, dari kegiatan pacu jalur ini makin banyak lagi masyarakat berkunjung ke daerah kita ini. Sehingga, dari sini semoga ekonomi masyarakat juga semakin meningkat dan semakin sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk para atlet dan saya harap terus berlatih, sehingga tahun depan kita bertemu lagi. Kami dari Pemerintah Provinsi Riau selalu mensupport kegiatan ini, seperti sekarang ada bantuan dan bonus yang kami berikan,” ujar Syamsuar. 

Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata, memberikan dukungan hadiah bagi jalur pemenang juara I, II dan III. Dengan total hadiah Rp180 Juta. Di mana untuk juara I sebesar Rp70 Juta, juara II Rp60 Juta dan juara III Rp50 Juta. Syamsuar sendiri juga memberikan bonus untuk tim pemenang. Juara 1 Tuah Keramat Bukit Embun mendapat Rp10 juta dan Juara 2 Cakaran Garuda Muda memperoleh Rp5 juta. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan lima unit sepeda untuk penari pacu jalur terbaik. 

“Saya melihat meriah ya tahun ini, tentu selamat untuk pemenang dan masyarakat Kuansing yang telah melaksanakan kegiatan pacu jalur. Semoga di masa yang akan mendatang tetap berlanjut dan mudah-mudahan akan lebih ramai lagi. Saat ini banyak saya melihat tidak hanya wisatawan dari Riau saja, namun ada dari daerah lain juga,” ungkapnya.

Terpisah sebelumya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, Festival Pacu Jalur menjadi salah satu bagian dari 110 event dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Diharapkan dengan hadirnya banyak wisatawan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat. 

“Event-event daerah ini akan membuka peluang usaha, akan menggeliatkan ekonomi, akan terlihat UMKM-UMKM yang mendapatkan omset lebih tinggi, selain itu ini akan memberi dampak langsung bagi masyarakat di Kuansing,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, dikutip Minggu (27/8/2023). 

Sementara itu, Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin, bersyukur tim Dayung dari Jalur Cakaran Garuda Muda KONI berhasil menembus final dan meriah juara 2. Awalnya Iskandar berharap tim yang dipimpinnya bisa meraih juara 1.

Iskandar bmenyadari kalah jalur yang dijagokannya itu baru pertama kali turun di event Pacu Jalur tahun ini. Meski begitu, ia berharap bisa lebih baik lagi kedepan.

“Tentunya kita bersukur jalur Cakaran Garuda Muda KONI berhasil meraih juara dua. Walaupun saya berharap juara satu, tapi ini sebagai bentuk kepedulian kita dari KONI Riau untuk ikut serta meramaikan iven tradisional Pacu Jalur di Kuansing. Tradisi pacu jalur ini harus kita pertahankan, apalagi pedayung-pedayung nasional yang telah membawa nama harum Riau dan Indonesia, merupakan putra dan putri terbaik di Kuantan Singingi,” kata Iskandar Hoesin. 

Berikut juara 1 sampai dengan juara 5 besar pada Event Kharisma Nusantara (KEN) Fastival Pacu Jalur tahun 2023:

1. Jalur Tuah Keramat Bukit Embun

2. Jalur Cakaran Garuda Muda

4. Jalur Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo

5. Jalur Bintang Emas Cahaya Intan

6. Jalur Olang Buas.

(Mediacenter Riau/ji)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bawaslu Kuansing Buka Posko dan Hotline Pengaduan

Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:18:00 WIB

Kunker ke Kuansing, Gubri ajak Masyarakat Salat Berjamaah

Sabtu, 09 Desember 2023 | 08:14:48 WIB

Remaja di Kuansing Tenggelam di Sungai Indragiri

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 07:12:00 WIB