Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Deklarasi Pemilu Damai 2024, Gubernur Syamsuar Apresiasi Kapolda Riau
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar membuka Deklarasi Damai Pemilu 2024, dengan tema "Pemilu yang bersih, aman, damai, kondusif dan Berintegritas" yang digelar di SKA CO-EX Komplek Mall SKA, Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, Senin (28/8).

Pada kegiatan ini, Ketua Bawaslu Riau Alnoffrizal memimpin pengucapan deklarasi pemilu damai. Dilanjutkan penandatanganan dari seluruh partai politik peserta pemilu, FKUB, TNI-Polri serta unsur Forkopimda Riau.

Sesuai tema yang diangkat, Gubri berharap deklarasi yang dilakukan benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif dikalangan para pendukung maupun peserta pemilu.

"Harapan kami deklarasi ini benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif dikalangan para pendukung maupun peserta pemilu," harap Gubri.

Mengatasnamakan Pemprov Riau, Gubri mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau yang telah mempersiapkan diri dalam Pemilu tahu 2024.

"Saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polda Riau yang benar-benar telah mempersiapkan diri dalam Pemilu tahu 2024 mendatang yang waktunya sudah tidak lama lagi," kata Gubri.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana dan stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2024 atau sesudah Pemilu sesuai tujuan digelarnya deklarasi ini.

"Mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian saja, melainkan perlu kerjasama dari berbagai pihak," kata Kapolda. 

Iqbal juga mengajak seluruh stakeholder untuk berkomitmen menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

"Deklarasi ini juga sebagai upaya meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri, pemerintah serta stakeholder terkait lainnya dengan seluruh elemen masyarakat di Provinsi Riau," ujar Iqbal.

Karena itu, Kapolda mengharapkan semoga melalui komitmen bersama di deklarasi ini. Pesta Demokrasi 2024 nanti mulai dari Pilpres, Pileg dan Pilkada dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan sukses.

"Saya mengajak seluruh instansi, elemen masyarakat, partai politik maupun calon peserta pemilu di daerah Riau untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai dan sukses. Karena saat ini sudah memasuki tahapan inti Pemilu 2024 dan saya sudah memerintahkan kepada seluruh Kapolres untuk membantu KPU dan Bawaslu dalam menjalani semua tahapan pemilu ini," ajak Iqbal. 

Terakhir kata Iqbal, keberhasilan penegakan hukum terhadap segala bentuk kejahatan dan pelanggaran terkait pemilu adalah sebuah prestasi.

"Sekitar 1.000 lebih peserta yang menghadiri deklarasi damai ini, hal ini menunjukkan bentuk dukungan dari kalangan masyarakat menuju pemilu damai 2024," ungkap Iqbal.

Deklarasi ini turut dihadiri Wakapolda Riau, Brigjen Pol K Rahmadi, para Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, unsur Forkopimda, Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir, Ketua KPU seluruh Kabupaten dan Kota, Ketua Bawaslu Riau, Alnoffrizal.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri seluruh Bupati dan Walikota, seluruh Kapolres Jajaran Polda Riau serta diikuti seluruh Ketua dan pengurus Parpol se-Provinsi Riau maupun Kabupaten dan Kota.

Kemudian seluruh elemen masyarakat terdiri dari para tokoh adat, tokoh masyarakat maupun agama, serta sejumlah kelompok dan organisasi dari relawan Capres, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta Insan Pers yang ada di Riau.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB