Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Karojianstra SDM Polri Datangi Unri, Ini Tujuannya

PEKANBARU - Brigjen Pol Drs Sri Eko Pranggono Karojianstra SDM Polri mendatangi Universitas Riau (Unri) untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Polri dan Unri, di Ruang Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri, Kamis (31/8).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi dan Brigjen Pol Drs Sri Eko Pranggono, disaksikan Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal.

Poin-poin yang disepakati pada penandatanganan nota kesepahaman ini pertama, pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, Kedua, Program pendidikan vokasi, profesi, sarjana, magister, dan Doktor.

Ketiga, terkait pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan, Keempat, Peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia, Kelima, Pemanfaatan sarana dan prasarana, dan Keenam, Implementasi program MBKM.

Rektor Sri Indarti SE MSi, menyambut baik terkait evaluasi dan rencana pengembangan kerjasama yang dilakukan dengan berbagai mitra. 

"Unri sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam berbagai aspek kerja sama untuk memajukan pembangunan bangsa ini khususnya dibidang pendidikan, begitu juga dengan institusi Polisi Republik Indonesia (Polri)," sebut Sri.

Keterbukaan Unri, jelas Rektor, sejalan dengan perguran tinggi yang saat ini dituntut untuk mengimplementasikan kerja sama antara universitas dengan berbagai instansi dan dunia usaha. 

"Kebijakan pemerintah saat ini terkait merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), menuntut mahasiswa untuk mengasah kompetensi di luar kampus selama satu semester, diantaranya melalui program magang mahasiswa," kata Sri.

Dipilihnya Unri, sebagai mitra kerjasama Polri, diapresiasi Rektor dan merupakan sebuah kehormatan.

"Terimakasih karena kerjasama ini mengambarkan tekat bulat antara kedua institusi untuk sama-sama memajukan serta memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara," ungkap Sri.

Sebelumnya, Sri mengatakan, kerjasama ini sudah pernah dilaksanakan dan dilanjutkan lagi setelah berakhir. Karena merupakan langkah penting dalam membangun pondasi yang kuat untuk menciptakan masyarakat yang aman, tertib, dan sejahtera serta tentunya masyarakat yang kompeten dan unggul.

"Kami selaku perguruan tinggi menjalankan fungsi Tridarma perguruan tinggi, dimana disitu ada pendidikan dan pengajaran, penelitan, pengabdian yang mungkin melahirkan inovasi baru  yang bias di kolaborasikan dengan Polri. Kami berharap kedepan dari kepolisian menjadi praktisi pengajar di kampus ini, serta menjadikan kinerja utama bagi perguruan tinggi banyaknya mengundang praktisi untuk mengajar dikampus," harap Sri.

Dalam keterangannya, Brigjen Pol Drs Sri Eko Pranggono Karojianstra SDM Polri menjelaskan, bahwa kolaborasi antara Polri dan Perguruan Tinggi ini bisa dikembangkan, karena bersifat dinamis.

"Melalui kerja sama ini peluang sangat bisa kita kembangkan, seperti bidang penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, pengembangan kelembagaan, dan yang utama adalah dibidang peningkatan kualitas SDM. Melalui pengembangan ini, diharapkan akan melahirkan SDM yang unggul, berkualitas dan professional," kata Brigjen Pol Sri Eko.

Eko melanjutkan, pihaknya dari Polri mengapresiasi kesediaan Unri untuk menjalin kemitraan. "Harapan kami kemitraan ini bisa terus meningkatkan kualitas sumber daya Polri seiring harapan publik atas peningkatan kualitas aparat keamanaan nasional serta melahirkan SDM yang berkualitas," harap Eko.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB