Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024

JAKARTA - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2023 yang dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (31/8/23). 

Dalam arahannya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua tim pengendalian inflasi, baik ditingkat pusat maupun daerah yang telah bekerja keras untuk mengendalikan inflasi di Indonesia.

Terangnya, diketahui bahwa inflasi di Indonesia cukup terkendali dengan angka 3,08 persen di Juli 2023, dan merupakan sebuah angka yang sangat baik sekali, karena bisa mengendalikan harga barang dan jasa. 

"Jika dibandingkan dengan negara lain inflasi nya banyak yang tinggi, seperti Argentina, Turki dan lain-lain. Apresiasi atas kerja keras semua pihak untuk mengendalikan inflasi," ujarnya. 

Presiden RI tersebut melanjutkan, inflasi merupakan hal yang penting untuk dikendalikan, sebab percuma pertumbuhan ekonomi tinggi jika inflasi nya juga tinggi. 

Jokowi menambahkan, di negara mana pun pengendalian inflasi itu biasanya dilakukan hanya dari bank sentralnya saja lewat kenaikan suku bunga, maupun nilai tukar. 

Akan tetapi di Indonesia tidak begitu, terangnya, di Indonesia pengendalian inflasi dengan metode kombinasi. Yaitu dengan kebijakan moneter, fiskal dan juga pengecekan secara langsung ke lapangan. 

"Saya senang. Harga yang saya pantau di Pasar Minggu semuanya pada posisi menurun, namun masalahnya masih ada satu yaitu di beras," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta kenaikan beras ini harus terus di pantau. Karena beras berkaitan dengan kebutuhan pokok. 

"Namun saya senang stok beras kita masih ada di gudang Bulog 1,6 juta ton, artinya sari sisi stok kita masih ada. Dan dalam perjalanan masih ada 400.000 ton, ini dipakai untuk mengendalikan harga," ungkapnya. 

Presiden RI itu meminta agar daerah yang memiliki sawah ataupun sentra produksi padi agar diperhatikan dan ditingkatkan hasil produksinya, sehingga hasil produksi padi bisa meningkat sebagai upaya mengendalikan kebutuhan beras yang ada di wilayah masing-masing. 

"Saya minta seluruh anggota tim pengendalian inflasi mengecek secara langsung (terkait inflasi beras)," ujarnya. 

Terakhir Jokowi juga mengajak semua pihak, baik tim pengendalian inflasi pusat dan daerah untuk terus bersama-sama mengendalikan inflasi, sehingga inflasi di Indonesia terus terkendali dan pertumbuhan ekonomi meningkat.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pj Gubri Ikuti Rakorsus Kebakaran Hutan dan Lahan 2024

Kamis, 14 Maret 2024 | 19:13:23 WIB

Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Rabu, 29 November 2023 | 15:11:00 WIB

Provinsi Riau Juara Umum Lomba Masak Ikan Nasional

Selasa, 21 November 2023 | 13:29:05 WIB

Plt Gubri Edy Natar Bertemu Mendagri Tito Karnavian

Selasa, 07 November 2023 | 13:17:32 WIB